AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka pengawasan keselamatan pelayaran di Perairan Pulau Ambon dan sekitarnya, serta berkaitan dengan proses distribusi logistik dari Pelabuhan Ambon, maka Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IA Ambon menggelar sosialisasi tentang keselamatan, keamanan pelayaran dan tata kelola pelabuhan.

Sosialiasi yang dipusatkan di salah satu hotel di Kota Ambon, dibuka oleh Plt. Kepala KSOP Ambon, Ferra Juliana Alfaris dan menghadirkan sejumlah narasumber masing-masing dari Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Ambon, Capt Ari Wobowo, Kasubdit Rancang Bangun, Stabilitas dan Garis Muat Kapal Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, Amir Makbul, Kabid Keselamatan Berlayar dan Patroli Penjagaan KSOP Ambon, Capt Gunawan Parlindungan Aritonang, Kabid Lalu Lintas Angkutan Laut Capt, Iyan, Kasi Sertifikasi Kapal Willem Thobias Fofid, Kasi Bimbingan Usaha, Hani Mamengko.

Plt Kepala KSOP Ambon Ferra Juliana Alfaris pada kesmepatan itu mengatakan, kegiatan ini penting sebagai bentuk perhatian dari pemerintah, dalam hal ini Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, mengingat ini berkaitan dengan penerapan aturan keselamatan dan keamanan pelayaran bagi kapal-kapal yang beroperasi di seluruh perairan di wilayah Indonesia, khususnya pada DLKr/DLKp KSOP Ambon.

“Keselamatan pelayaran merupakan tanggungjawab bersama, baik pemerintah, perusahaan pelayaran dan juga stakeholder lainnya, sehingga ini penting agar aktivitas pelayaran di seluruh perairan Maluku dapat terus terjaga,” ujarnya.(S-25)