AMBON, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum Maluku resmi menetapkan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang akan bertarung di pilkada 27 Novem,ber nanti.

Penetapan nomor urut tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tahun 2024, Senin (23/9).

Rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Maluku M Shaddek Fuad didampingi para komisioner dihadiri langsung ketiga pasangan calon, yakni Jeffry Apoli Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas, Murad Ismail – Michael Wattimena dan Hendrik Lewerissa – Abdulah Vanath bersama masing-masing pimpinan partai politik pengusung.

Pengundian nomor urut dimulai dengan pengambilan nomor antrian yang dilakukan calon wakil gubernur dari masing-masing pasangan calon. Berdasarkan nomor antrian yang diperoleh pasangan Murad-Michael menjadi paslon pertama yang mengambil tabung berisikan nomor urut paslon disusul Paslon JAR-AMK dan HL-AV.

Alhasil, pasangan Jeffry Apoli Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas mendapatkan nomor urut satu diikuti paslon Murad Ismail – Michael  Wattimena mendapatkan nomor urut dua dan paslon Hendrik Lewerissa – Abdulah Vanat mendapatkan nomor urut tiga.

Baca Juga: KPU Tetapkan 16 TPS Khusus Pilkada di Maluku

Hasil pengundian nomor urut tersebut selanjutnya ditetapkan menjadi nomor urut pasangan calon yang akan digunakan dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur 27 November mendatang.

Merespon hal ini, Calon Gubernur Maluku Jeffry Apoli Rahawarin yang akrab disapa JAR menyampaikan rasa syukurnya kepada Tuhan yang maha kuasa, karena dirinya bersama pasangannya diberikan nomor urut satu.

Menurutnya semua nomor adalah baik, tetapi untuk membangun Maluku membutuhkan satu niat, satu cita-cita dan satu perjuangan.

“Di Maluku ini biasanya orang mendambakan nomor-nomor lain, tapi untuk kali ini nomor satu menjadi penting sebab Maluku Baru itu nomor satu tidak ada nomor lain,” ujar JAR.

JAR menegaskan, dirinya bersama pasangannya Abdul Mukti Keliobas maju di Pilkada Maluku dengan satu niat, yakni ingin memperjuangkan kesejahteraan bagi masyarakat Maluku.

“Kami berdua yakin dan optimis nomor satu ini nomor keberuntungan dan tanpa mendahului kehendak Tuhan, kami yakin kami akan memenangkan Pilkada Maluku,” ucap JAR.

Mantan Pangdam Pattimura ini berharap, Pilkada Maluku nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar, sehingga Gubernur Maluku kedepannya dapat membawa perubahan di Maluku.

Ditempat yang sama Calon Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan nomor dua merupakan cita-cita dirinya bersama pasangan.

“Sejak awal kami sudah yakin akan mendapatkan nomor dua dan ini sudah sesuai dengan apa yang cita-cita dapat nomor dua,” ucap Murad.

Sementara itu calon Gubernur Maluku nomor urut 3 Hendrik Lewerissa mengatakan, semua nomor dalam pilkada sama dan hanya menyangkut soal administrasi saja.

“Bagi saya semua nomor sama, tapi yah sangat penting nomor tiga itu melambangkan persatuan Indonesia dan saya percaya seluruh proses 27 November nanti berjalan aman dan damai karena masyarakat Maluku sudah  dewasa dalam menentukan pilihan,” tegas HL.

Terpisah, Ketua KPU Provinsi Maluku M Shaddek Fuad menjelaskan, pihaknya memastikan proses pengundian nomor urut pasangan calon telah dilakukan secara adil.

“Kami memperlakukan semua pasangan calon secara adil dan setara, sebab semua pasangan bagi KPU sama dan tidak dan bedanya,” tegas Fuad.(S-20)