AMBON, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum memas­tikan surat suara untuk pemilihan gubernur dalam perjalanan menuju ke Kota Ambon.

“Pekan depan seluruh logistik surat suara tiba di Ambon,” ujar Ketua KPU Maluku M Shaddek Fuad ketika dikonfirmasi Siwalima, Rabu (9/10).

Fuad menjelaskan proses pengadaan surat suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur saat ini sudah mulai dilakukan pihak ketiga.

Dijelaskan pengadaan surat suara pilkada gubernur dilakukan sesuai dengan jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap yakni 1.332.149 ditambah 2.5 persen sebagai cadangan.

Jumlah surat suara tersebut menurutnya telah sesuai dengan peraturan KPU dan petunjuk teknis guna memastikan tidak ada persoalan di kemudian hari.

Baca Juga: Biarkan ASN Jadi Ajudan Widya, Akademisi Desak Evaluasi Sekda

Ia memastikan pihaknya terus melakukan koordinasi dan me­mantau langsung proses pengadaan surat suara pilkada gubernur se­hingga di tanggal 16 Oktober nanti boleh selesai.

“Target KPU itu tanggal 16 Oktober pengadaan logistik surat suara sudah harus selesai agar segera dikirim ke Ambon,” terang­nya.

Mantan Ketua KPU Kota Ambon ini memastikan jika logistik telah tiba di Ambon, akan dilakukan penyor­tiran sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Fuad juga berharap logistik surat suara untuk pilkada bupati dan walikota segera selesai dan dikirim ke wilayah masing-masing agar dapat dilakukan penyortiran.

“Kalau surat suaranya tiba sesuai jadwal kan bisa dilakukan penyortiran dan kalau ada kerusakan dapat diselesaikan,” pungkasnya. (S-20)