BULA, Siwlaimanews – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Seram Bagian Timur mulai melakukan pemutakhiran data pemilih dengan menurunkan ratusan petugas pemutakhiran data pemilih atau pantarlih.

Untuk melakukan tugas tersebut, maka kurang lebih 381 petugas yang diterjunkan KPU untuk melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian (coklit) guna mendata pemilih pada setiap desa untuk dimauskan dalam daftar pemilih pada pilkada serentak yang akan berlangsung 27 November nanti.

“Alhamdulillah coklit mulai dilaksanakan pada, Senin, (24/6) yang diawali dengan pelantikan sekaligus pelaksanaan bimtek pada 15 kecematan dan apel siaga coklit secara serentak. Setelah itu ada petugas yang turun di beberapa kecamatan langsung melaksanakan coklit,” ujar Ketua KPU SBT Syahrifudin Faud kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa, (25/6).

Menurutnya, petugas panterlih ini akan melaksanakan tugas mereka sesuai pentahapan mulai 24 juni hingga 24 Juli, di 276 TPS yang tersebar di SBT.

KPU juga sudah melakukan strategi- strategi dan langkah- langkah taktis agar seluruh masyarakat bisa terdaftar dalam  daftar pemilih pada saat pelaksanaan coklit,s ehingga mereka mempunyai hak pilih nanti.

Baca Juga: Dua Tahun Polda Berhasil Ungkap 52 Kasus Perjudian

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat SBT mari mendukung tahapan pelaksanaan coklit dengan menerima petugas pantarlih yang datang supaya datanya bisa langsung masuk ke DPT, karena proses pelaksanaan coklit kali ini dilaksanakan dengan metode coklit secara offline,” himbaunya.(S-27)