Pemerintah Kota Ambon bersama Pemerintah Provinsi Maluku mela­kukan kolaborasi dalam menggelar Pasar Pengendalian Inflasi yang dilaunching Kamis, (18/7).

Pasar Pengendalian Inflasi digelar di dua titik yakni pasar Batu Merah dan pasar Mardika.

Pasar pengendalian Inflasi dibuka oleh Penjabat Gubernur Maluku dan didampingi Penjabat Walikota Ambon, Dominggus Kaya, pimpinan OJK, pimpinan Bulog.

Penjabat Gubernur Maluku, Sadle mengatakan, Launching Pasar Pengendalian Inflasi merupakan kerjasama antara tim pengendalian Inflasi Daerah Pemprov Maluku de­ngan Tim Pengendalain Inflasi Daerah Pemkot Ambon. Tidak hanya itu, tim pengendalian inflasi dua daerah juga menggandeng beberapa distributor untuk menyediakan bahan-bahan pokok untuk dipasarkan.

“Launching Pasar Pengendalian Inflasi ini merupakan kerjasama tim pengendalian inflasi provinsi Maluku dan tim pengendalain inflasi kota Ambon dengan menggandeng para distributor untuk menyediakan bahan-bahan pokok,” ungkapnya.

Baca Juga: Sahubawa Ajak Warga Doakan Jemaah Haji yang Wafat di Mekkah

Adapun bahan pokok yang dijual di pasar Pengendalian Inflasi dianta­ranya, Beras, Bawang Putih, Bawang Merah, Telur, Gula Pasir, Minyak Gireng, sayur-mayur. Bahan pokok yang dijual dibawah harga pasar.

“Harga bahan yang dijual dibawah harga pasar. Rencananya akan berlangsung hingga tanggal 1 Agustus mendatang,” tuturnya.

Ia berharap, kehadiran Pasar Pengendalian inflasi di Kota Ambon ini kiranya dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga dengan begitu maka perputaran ekonomi dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menekan angka inflasi pada target yang ditentukan.

“Tiga bulan ini, inflasi kita ada di angka 3,6. Kita berharap dengan adanya pasar pengendalian inflasi di Kota Ambon ini dapat memicu daya beli masyarakat yang kemudian berdampak pada inflasi kita sesuai target yakni 2,5, “terangnya.

Ia juga berharap, dengan digelarnya pasar Pengendalain Inflasi yang digelar oleh Pemprov dan Pemkot ini, dapat ditiru oleh Kabupaten dan Kota Lainnya di Provinsi Maluku.

“Harapannya kehadiran pasar Pengendalian inflasi ini dapat mem­bantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu kiranya pasar pengendalian inflasi juga bisa digelar di Kabupaten dan kota lain, “pungkasnya.

Sebelumnya, Pemkot Ambon juga telah menggelar Gerakan Pangan Murah dengan tujuan yang sama yakni menekan laju inflasi. Yang mana gerakan pangan Murah yang digelar kota Ambon berlangsung setiap hari Selasa. (S-29)