AMBON, Siwalimanews – Ratusan pendukung mengawali bakal pasangan calon Hendrik Lewerissa dan Abdullah Vanath mendaftar di KPU Provinsi Maluku.

Didampingi pimpinan partai pengusung yakni Gerindra, PPP dan Perindo, pasangan HL-AV tiba di Kantor KPU Maluku yang berlokasi di Tantui Bawah, tepat pukul 10.40 WIT yang disambut dengan tarian lenso dan totobuang.

HL-AV pun diarahkan langsung menuju tempat pendaftaran yang berada di lantai 2 dan disambut ketua dan anggota KPU Maluku serta pimpinan Bawaslu Maluku.

Selang beberapa menit bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku itu menyerahkan dokumen pendaftaran untuk diteliti oleh KPU Maluku.

Setelah dilakukan pemeriksaan, KPU Maluku menyatakan dokumen pendaftaran lengkap dan akan dilan­jutkan dengan verifikasi hingga penetapan pada 22 September men­datang.

Baca Juga: Negara Rugi 3 M di Kasus BP2P

HL kepada awak media menga­takan dirinya bersama pasangannyq menyambut baik diterimanya selu­ruh dokumen pendaftaran yang digelar diajukan baik fisik maupun secara online.

“Tadi dokumen kami telah diterima dan tahapan selanjutnya verifikasi oleh KPU, kami percaya kami me­menuhi syarat dan kalau misalnya masih ada yang kurang, masih ada tahapan untuk perbaikan pendaf­taran,” ujar HL.

HL mengungkapkan dirinya dan pasangan sengaja memilih hari ini untuk melakukan pendaftaran arti­nya, semua hari adalah baik tetapi memilih tanggal 28 untuk mendaftar.

Sebagai bakal pasangan calon pilkada Maluku, HL berharap pil­kada akan berlangsung dengan aman, damai dan lancar dan penyele­nggara KPU maupun Bawaslu akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai aturan.

“Kami menghimbau juga kepada seluruh masyarakat agar menggu­nakan hak pilihnya secara baik dan bertanggung jawab tanggal 27 November tahun 2024 pada masing-masing TPS,” jelasnya.

HL menegaskan dirinya bersama pasangan mengusung tagline “Par Maluku pung Bae” dengan makna filosofis yang mendalam dan semua orang Maluku pasti tahu dan me­ngerti sehingga tidak perlu diter­jemahkan.

“Kami bertekad bersama-sama dengan semua pihak yang berke­pentingan dan yang cinta gunung tanah dan negeri Maluku ini akan bersama-sama berjuang memberi kontribusi terbaik untuk memajukan Maluku,” tegasnya.

Apalagi, dengan kekayaan alam Maluku yang melimpah mestinya hari ini harus menjadi provinsi yang sejahtera rakyatnya, tetapi sayang­nya masih jauh dari harapan.

Karenanya pasangan HL-AV telah memiliki rencana konkret yang ditawarkan kepada masyarakat Maluku yang nantinya jika terpilih maka Maluku akan maju.

Sementara itu, Ketua KPU Maluku M Shaddek Fuad mengatakan KPU Maluku selanjutnya akan melakukan verifikasi terhadap seluruh dokumen yang telah diserahkan bakal calon calon.

“Setelah ini kita akan melakukan verifikasi dan kalau ada yang belum lengkap maka akan diperbaiki nanti dalam masa perbaikan,” jelasnya.

Sesumbar MI

Bakal pasangan calon Gubernur Dan Wakil Gubernur Maluku, Mu­rad Ismail dan Michael Wattimena resmi mendaftarkan di KPU Provinsi Maluku, Rabu (28/8).

Kedatangan MI-BMW di Kantor KPU Maluku pada pukul 14.00 WIT didampingi sejumlah pimpinan partai pengusung serta simpatisan dan relawan.

MI-BMW diterima ketua dan anggota KPU Maluku di tempat pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Ma­luku yang dipusatkan di ruang aula lantai 2 kantor KPU Maluku.

Tiba di KPU, MI langsung me­nyerahkan dokumen pendaftaran kepada ketua KPU Maluku, M Shaddek Fuad untuk dilakukan pe­meriksaan kelengkapan administrasi yang wajib dipenuhi.

Setelah dilakukan pemeriksaan, KPU Maluku menyatakan seluruh dokumen pendaftaran telah lengkap dan siap dilanjutkan dengan taha­pan verifikasi.

“Setelah kami teliti seluruh dok­men pendaftaran kami nyatakan sah dan lengkap,” ujar ketua KPU M Shaddek Fuad.

Sementara itu, saat konferensi pers, Murad Ismail menyatakan apresiasi kepada KPU Maluku yang telah menerima seluruh berkas pen­daftaran dirinya bersama bakal calon Wakil Gubernur Michael Wattimena.

MI pun menyampaikan permoho­nan maaf jika selama lima tahun dirinya menjadi Gubernur Maluku belum mencapai harapan masyarakat Maluku.

“Insyaallah dan saya mempunyai keyakinan bahwa Maluku ke depan akan lebih maju. ada bung Michael Wattimena yang mendampingi saya,” ucap MI.

Menurutnya, lima partai politik yang mengusungnya yakni Golkar, Demokrat, PAN, PKB dan PKS memiliki jumlah anggota DPR yang begitu banyak pasti akan memper­mudah pembangunan di Maluku.

“Pak Michael ini mantan pimpinan komisi V bidang infrastruktur 2 pe­rio­de dengan networkingnya de­ngan para anggota DPR yang ada di Jakarta, dan saya dengan para petinggi-petinggi partai di Jakarta insyaallah Maluku ke depan kami sangat yakin 5 tahun ke depan akan berubah secara signifikan,” ucap MI.

MI juga optimis jika diberikan kesempatan maka akan ada lompat-lompatan yang signifikan untuk Maluku.

BETA Daftar

Sementara itu di KPU Kota Ambon, bakal calon calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon periode 2024-2029, Bodewin M Wattimena dan Ely Toisutta (BETA), resmi daftar, Rabu (28/8).

Pantauan Siwalima, sebelum me­nuju Kantor KPU yang berlokasi di Negeri Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Pasangan BETA ter­lebih dahulu menggelar deklarasi di halaman mall ACC, Passo.

Selanjutnya, ratusan massa pendukung sambil berjalan kaki, mengiring pasangan BETA menuju Kantor KPU yang lokasinya tidak jauh dari tempat deklarasi.

Sekitar pukul 12.20 WIT, pasangan BETA yang turut didampingi para pimpinan dan pengurus partai politik koalisi, yakni PDI Perjuangan, Golkar, PSI, PKS, Gerindra dan satu Parpol non seat, yaitu Garuda, tokoh masyarakat, keluarga, tim, pendu­kung dan simpatisan, tiba di Kantor KPU dan diterima langsung Sek­retaris KPU Kota Ambon.

Paslon dan rombongan kemudian menuju Aula lt. II, untuk proses penyerahan dokumen pendaftaran yang diterima langsung oleh Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mah­mud beserta komisioner.

Proses penyerahan itu turut disak­sikan Ketua Bawaslu Kota Ambon, Jhon Talabessy dan anggotanya.

Pasangan BETA kemudian me­nyerahkan berkas pendaftaran un­tuk dilakukan penelitian oleh KPU, dan hasil penelitian berkas dinya­takan benar dan lengkap, dan selanjutnya dokumen diterima oleh Ketua KPU.

Sementara itu, Wattimena kepada wartawan mengaku bersyukur atas proses hari ini.

Dia berharap pada waktunya nanti hasil verifikasi KPU Kota Ambon, dokumen dan syarat lainnya Paslon BETA bisa memenuhi syarat.

“Kami didukung 7 Parpol, ini sebuah harapan besar bagi kami yang paling tidak untuk memuluskan langkah kami sampai ditetapkan sebagai Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon,” ujarnya.

SBB 4 Paslon

Di KPU SBB pada hari kedua ini, terdapat empat pasangan calon yang memasukan berkas pendaf­taran.

Pasangan awal yang mendaftar yakni pasangan Asri Arman-Selpia­nus Kainama (AMANUSA) dengan pendukung partai yakni Demokrat, PAN dan PKS. Disusul Pasangan (HATI) Hatta Hehanussa-Stenly Salenussa de­ngan partai penduku­ng Gerindra, Golkar Dan PPP.

Sedangkan pasangan (YAKIN) Timotius Akerina-Yudin Hitimala dengan dukungan partai Nasdem dan Hanura.

Kemudian pasangan yang men­daftar terakhir yaitu, pasangan (NU­SA­INA) Fransiane Puttileihalat – Taher Bin Ahmad yang didukung oleh Partai PKB, Gelora, PSI dan PKN.

Ke-4 pasangan calon bupati yang mendaftar di KPU SBB dengan visi mi­si yang berbeda memajukan kabu­paten dan mensejahterakan masya­rakat.

Selain mensejahterakan masy­rakat di Bumi Saka Mese Nusa, juga berjanji akan memekarkan dusun menjadi desa. Tak sampai disitu, bahkan 4 pasangan calon optimis menang di perhelatan pemilihan kepala daerah nanti.

Ketua Komisioner KPU SBB kepada wartawan menjelaskan, un­tuk proses pendaftaran hari ini sebanyak 4 paslon.

Dikatakan, dalam persyaratan pencalonan ada beberapa paslon belum memenuhi persyaratan, sehi­ngga dikembalikan.

Sementara persyaratan yang dikembalikan untuk dipenuhi yakni pasangan HATI, YAKIN, sedangkan Paslon AMANUSA dan NUSAINA bisa dikatakan lengkap hanya belum melakukan upload ke sipol berkas­nya seperti foto sehingga belum terbaca.

Untuk itu ia berharap, seluruh pas­lon yang berproses melakukan pen­daftaran agar segera melengkapi administrasi dokumen pencalonan, sehingga dalam proses pendaftaran itu bisa berjalan lancar dengan sukses.

Benjamin-Ary Daftar

Hari kedua pendaftaran, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ma­luku Barat Daya mulai mendatangi Kantor KPU Kabupaten MBD.

Pantauan Siwalima, Rabu (28/8) sekitar pukul 13.10 WIT, diantar rela­wan dan partai pendukung Paslon Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya Benjamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily menuju ke KPU untuk mendaftar untuk maju Pilkada 27 November 2024.

Pasangan petahana ini menuju Kantor KPU MBD dengan berjalan kaki, dikawal ratusan pendukung dan partai pengusung. Mereka ber­dua tiba di Kantor KPU sekitar pukul 13.15 WIT.

Tiba di Kantor KPU MBD, pasa­ngan Incumbent ini disambut tim KPU MBD. Setelah itu mereka ber­dua dipersilahkan masuk ke Kantor KPU MBD.

Bakal calon Bupati MBD, Benya­min Thomas Noach mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Ba­waslu MBD yang sudah memberi­kan ruang dan waktu mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati MBD.

Sementara itu Ketua KPU MBD, Yoma Naskay, mengatakan sebagai­mana kita ketahui bersama sesuai tahapan PKPU 2 Tahun 2024 bahwa pendaftaran pasangan calon dila­kukan  tanggal 27 sampai 29 Agustus 2024. “Hari ini di hari kedua pasa­ngan Benjamin-Ary yang pertama melakukan pendaftaran di Kantor KPU MBD,” akuinya.

Pendaftaran dilakukan sesuai ke­tentuan dimana menerangkan doku­men persyaratan pencalonan dan syarat calon. Dalam prosesnya tim pemeriksa akan memeriksa kese­suaian dokumen fisik yang dibawa atau yang diunggah di Silon untuk melihat apakah lengkap atau tidak lengkap.

Alkatiri- Wattimena

Sementara di KPU SBT paslon Fahri Husni Alkatiri dan Muhammad Miftah Thoha R. Wattimena dengan jargon Favorit menjadi orang perta­ma yang mendaftar.

Alkatiri-Wattimena tiba KPU Kota Bula dengan menggunakan mobil bersama lima partai politik pendu­kung yakni PKS, PKB, PAN Demo­krat dan PKN serta para pendukung jargon Favorit dengan penuh hik­mah dan semangat sekaligus disam­but oleh Sekretaris KPU SBT Atakia Kelrey.

Mereka diterima Komisioner KPU SBT yang dipimpin Syarifudin Faud serta tiga pimpinan Bawaslu dan TNI/Polri maupun tamu undangan lainnya

Saat konferensi pers Alkatiri me­ngatakan, pasangan dengan jargon Favorit telah menyelesaikan taha­pan pertama dari proses pendaftaran.

“Dengan ketersediaan waktu yang sudah ditetapkan oleh KPU, mudah-mudahan kami bisa segera melengkapi dokumen itu, sehingga proses pendaftaran kami bisa mele­wati setelah itu kami fokus untuk bekerja melakukan langkah-langkah pemenangan,” ungkap Alkatiri

Pendukung Kawal “JUARA”

Di Kabupaten Kepulauan Tanim­bar, ribuan simpatisan dan pendu­kung fanatik pasang calon dr. Boy Uwuratuw-Polly Lalamafu mendaf­tarkan di KPU Tanimbar.

Pasangan calon dengan Jargon “JUARA”  itu tiba di Kantor KPU Ta­nimbar  dengan menggunakan kaos Ber­tuliskan “Boy” sekitar pukul 14.00 usai penjemputan di bandara Mat­hilda Batlyare, Rabu (28/8).

Usai pendaftaran, Calon Bupati Tanimbar dr. Julianus Aboyaman Uwuratuw saat menggelar konfe­rensi pers didampingi calon Wakil Bupati, Polikarpus Lalamafu menga­takan, KKT merupakan daerah yang kaya beragam potensi SDA. Namun ironisnya, kekayaan tersebut belum linear dengan kemajuan daerah dan tingkat kesejahteraan rakyat.

Disisi lain, tantangan perkem­bangan lingkungan global perlu diantisipasi agar generasi Tanimbar masa depan tidak kehilangan ke­pribadian “Tanimbar-nya”.

Karena itu, lanjut dia, semua problem dan tantangan ke depan perlu dibaiki dengan menata kembali manajemen kepemimpinan daerah yang berpihak kepada rakyat dan kebudayaannya, dengan memasti­kan strategi dan pendekatan pem­bangunan yang tepat.

Oleh sebab itu kata Boy, sebagai putra daerah Tanimbar, Boy-Poli merasa terpanggil untuk mengabdi­kan diri, mengambil alih kepemim­pinan daerah melalui Pemilukada sebagai saluran kedaulatan rakyat.

Kaidel-Djumpa di Aru

Di KPU Aru, paslon Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, Timotius Kaidel dan Mohamad Djumpa resmi mendaftar di KPU Aru dan diterima oleh KPU Aru, Halati Mangar bersama empat komisioner lainnya, staf KPU Aru dan komi­sioner Bawaslu bersama staf, Rabu (28/8).

Pasangan dengan jargon Aru Maju ini di usung 10 partai politik, Partai Nasdem, PKB, Demokrat, PKN, PAN, PKS, Golkar, Perindo, PBB dan Gelora dengan total 16 kursi.

Sebelum pasangan balon bupati Kaidel-Djumpa melakukan long march dengan kora-kora bersama para pimpinan partai pengusung, pendukung dan simpatisan dari rumah pemenangan jalan Pertamina kilometer 6 menuju jalan Cendra­wasih dan tiba di Jalan Ali Moertopo Kantor KPU Aru dengan mendapat pengawalan dan pengaman oleh anggota Polres Aru, didahulukan dengan deklarasi pemenang yang dibacakan salah satu kader De­mokrat, Rudi seltit.

Setibanya di kantor KPU Aru pandangan Kaidel-Djumpa bersama tim pemenangan Maju diterima langsung oleh sekretaris KPU Aru, Paulina Talutu dan dipakaikan topi burung Cendrawasih yang merupakan khas kepulauan Aru.

Usai pemeriksaan sandingkan data dokumen dengan Silon dan dinyatakan lengkap. Kemudian hasil pemeriksaan data dinyatakan leng­kap dan ditandai dengan pemberian tanda terima pendaftaran dari Ketua KPU Aru, Halati Mangar kepada Ti­motius Kaidel dan Muhamad Djumpa.

AMANAH di Buru

Pasangan AMANAH, Calon bupati Buru, Amustofa Besan dan calon wakil bupati, Hamzah Buton mendaftar di KPU Buru pada Rabu sore (28/8).

Ditemani Ketua Partai Demokrat , Erwin Tanaya, Ketua Perindo, Yoha­nes Nurlatu, Ketua Hanura, Yadi Soulisa dan Ketua Partai Bulan Bintang, Rusman Soamole, pasa­ngan AMANAH mendatangi kantor KPU Kabupaten Buru dengan ha­nya membawa sedikit orang karena menghindari pengerahan massa dan hura-hura di hari pendaftaran.

Tiba di halaman gedung KPU , Paslon Amanah yang selalu setia didampingi para istri, disambut dengan tarian sawat Buru.

Setelah itu, mereka diterima oleh Sekretaris KPU sebagai tuan rumah baru mempersilahkan Paslon AMA­NAH memasuki aula tempat pen­daftaran.

Setelah menjalani proses pendaf­taran dan pemeriksaan administrasi pencalonan oleh tim verifikasi KPU.

Pada saat pendaftaran berlang­sung, kegiatan tersebut dihadiri lengkap oleh Ketua KPU, Walid Aziz dan seluruh komisioner KPU.

Dua komisioner Bawaslu Buru, E.Tomhisa dan  Taufan Fanolong juga hadir langsung mengawasi proses pendaftaran itu ditemani beberapa pengawas kecamatan.

Ketua KPU Buru, Walid Aziz dalam sambutan singkatnya me­nyen­til kehadiran Bawaslu dan panwascam itu sebagai pertanda baik.

Walid menjelaskan, proses pendaftaran pasangan calon di pilkada 2024 ini berupa syarat calon dan syarat pencalonan.

Sementara itu, Amos Besan dalam keterangan singkatnya usai pendaf­taran, mengaku sempat dibuat deg-degan dengan sebutan hari Rabu adalah Hari Keramat bagi KPU.

Namun insya Allah mendaftar pada hari keramat KPU itu akan membawa berkah bagi Paslon AMANAH.

Secara khusus, ia berjanji terus akan menjalin kerja sama yang baik dengan insan pers di daerah itu.

Pasangan AMANAH pertama yang mendaftar di KPU Buru, dan besoknya akan dilanjutkan oleh tiga pasangan lainnya, BASIS, MAN­DAT dan IKHLAS. (S-20/S-25/S-26/S-27/S-11/S-15)