Komisi Pemilihan Umum secara nasional sampai pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia telah menetapkan calon kepala daerah dan nomor urut pasangan calon.

Sesuai dengan data KPU Maluku tercatat ada 45 pasangan calon kepala daerah yang akan terjun secara langsung ke masyarakat untuk memaparkan visi dan misi mereka melalui tahapan kampanye.

45 calon kepala daerah untuk tingkat Provinsi tercatat 3 pasangan calon yakni, Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath, Murad Ismail-Michael Wattimena dan Jeffry Apolly Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas.

Kota Ambon ada 4 paslon yaitu, Bodewin Melkias Wattimena-Elly Toisutta, Agus Ririmasse-M. Novan Liem, Yance Wenno-Syarif Bakrie Asyathry dan M. Tadi Salampessy-Dominggus Luhukay

Kabupaten Maluku Tengah tercatat ada 4 paslon yiatu, Mirati Dewaningsih-Daniel Wendy Nurahua, Andi Munaswir-Tina Welma Tetelepta, Zulkarnain Awat Amir-Mario Lawalata dan Ibrahim Ruhunussa-Liliane Aitonam.

Baca Juga: Penetapan DPT, Hindari Golput

Kabupaten Maluku Tenggara sebanyak 3 paslon yaitu, Muhamad Taher Hanubun-Carlos Viali Rahantoknam, Djamaludin Koedoeboen-Wilybrodus Lefteuw dan Martinus Sergio Ulukyanan-Ahmad Yani Rahawarin.

Kabupaten Buru ada 4 paslon yaitu, Amus Besan-Hamzah Buton, Ikram Umasugi-Sudarmo, Muhammad Daniel Rigan-Harjo Udanto Abukasim dan Abd. Aziz Hentihu-Gadis Siti Nadia Umasugi.

Berikutnya, Kabupaten Seram Bagian Barat sebanyak 5 paslon yaitu, M.Hatta Hehanussa-Stenly Salenussa, Asri Arman-Selfinus Kainama, Fransiane Puttileihalat-Taher Bin Ahmad, Timotius Akerina-Yudin Hitimala dan Samson Ricardo Atapary-Rasyid Lisaholet.

Kabupaten Seram Bagian Timur akan diikuti oleh 5 paslon yaitu, Fahri Husni Alkatiri-Mohamad Mifta Thoha R. Wattimena, Abdul Malik Kastela-Arobi Kelian, Rohani Vanath-Madja Rumatiga, Agil Rumakat-Enver A.R Wattimena dan Idris Rumalutur-Hasan B Musaad.

Berikutnya, Kabupaten Kepulauan Tanimbar diikuti 5 paslon yaitu, Adolof Bormasa-Hendrikus Serin, Julianus A Uwuratuw-Polikarpus Lalamafu, Piterson Rangkoratat-Hendrik J Oratmangun, Melkianus Sairdekut-Kevin Keliduan dan Ricky Jauwerisa-Juliana Ratuanak.

Kabupaten Kepulauan Aru diikuti 2 paslon yaitu, Timotius Kaidel-Mohammad Djumpa dan Temi Oersepuny-Hadi Djumaydi Saleh. Kota Tual tercatat 4 paslon yaitu, Akhmad Yani Renuat-Amir Rumra, M. Rum Ohoirat-Fauzan Amir Tamher, Hari Suharto Adyaksa Tamher-Aliyah Lestari Sayuti dan Usman Tamnge-Baharudin Farawowan.

Kabupaten Maluku Barat Daya ada 3 paslon yaitu, Benyamin Thomas Noach-Agustinus Lekwardai Kilikily, Hendrik Natalus Christian-Hengky R.A. Pelata, dan Simon Moshe Maahury-John Johiands Uniplaita. Terakhir Kabupaten Buru Selatan diikuti oleh 3 paslon yaitu, Safitri Malik Soulisa-Hemfri Lesnussa, La Hamidi-Gerson Eliaser Selsily dan Abdul Haris Wally-Elisa Ferianto Lesnussa.

Sesuai jadwal kampanye akan berlangsung dari 23 September sampai 23 November 2024.

Proses kampanye baik paslon, partai pengusung, tim sukses dan masyarakat diharapkan untuk sama-sama berkolaborasi dalam menciptakan pilkada 2024 yang berkualitas.

Pentingnya menjaga ketenangan dan kedamaian selama masa kampanye sehingga Pilkada Maluku  dapat menjadi acuan bagi daerah-daerah lainnya, menjadi contoh yang positif dan menunjukkan peningkatan dalam pelaksanaan pilkada

Para paslon juga diingatkan untuk berkontribusi pada cara-cara yang damai dan positif, dengan menjadikan Pilkada Maluku ini sebagai model dan percontohan yang dapat diikuti oleh daerah-daerah lain.

Kontestasi dalam pilkada seharusnya dilakukan dengan imbauan untuk mengedepankan semangat persaudaraan dan harmonis sehingga tercipta pilkada yang berkualitas dan melahirkan juga pemimpin yang berkualitas.

Para pendukung dan calkada diingatkan agar berkompetisi dalam melakukan kampanye dengan cara yang baik. mematuhi semua regulasi yang ada dan tidak terlibat dalam praktek-praktek kotor yang tidak etis dalam kampanye serta tidak saling menyerang, tetapi masa kampanye ini dipergunakan dengan memaparkan visi dan misi yang bermanfaat bagi rakyat.(*)