AMBON, Siwalimanews – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi di tubuh Polri.

Dalam mutasi yang tertuang dalam surat telegram rahasia atau TR yang yang ditandatangani oleh AS SDM Kapolri Irjen Dedy Prasetyo ini, terdapat nama Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif dan Wakapolda Brigjen Stephen Napiun.

Dalam TR Kapolri Nomor: ST/1554/VII/KEP/2024 tanggal 26/7/2024 jabatan Kapolda Maluku yang dijabat Irjen Lortharia Latif akan digantikan oleh Irjen Eddy Sumitro Tambunan, yang saat ini menjabat sebagai Koorsahli Kapolri.

Irjen Lotharia Latif sendiri, dimutasikan sebagai perwira tinggi Bareskrim Polri, guna persiapan penugasan di luar struktur.

Selain Kapolda Maluku, dalam TR itu juga, Kapolri melakukan mutasi terhadap jabatan Wakapolda Maluku. Dalam posisi ini Brigjen Stephen Napiun akan bertukar posisi dengan Brigjen Samudi. Dimana Brigjen Samudi yang saat ini menjabat Wakapolda Maluku Utara akan menjabat Wakapolda Maluku, sementara Brigjen Stephen Napiun akan mengisi jabatan baru sebagai Wakapolda Maluku Utara.

Baca Juga: Serobot Lahan Warga, Anggota Polres SBB Ini Dilaporkan ke Propam

Selanjutnya, posisi Karo SDM Polda Maluku yang saat ini dijabat Kombes Leo Surya Nugraha Simatupang akan diganti Kombes Agus Nugroho, yang saat ini menjabat Karo SDM Polda Gorontalo. Kombes Leo sendiri diangkat dalam jabatan baru sebagai Karo SDM Polda Kalimantan Tengah.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Areis yang dikonfirmasi Siwalimanews terkait mutasi tersebut melalui telepon selulernya, belum merespons.(S-10)