AMBON, Siwalimanews – Memasuki hari kedua, Sabtu (31/8) pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di RSUP dr Leimena, Ambon, diikuti sembilan pasangan calon.

Dua pasangan calon dari Kota Ambon, yakni Agus Ririmasse-Muhammad Novan Liem dan Muhammad Tadi Salampessy-Emilyh Dominggus Luhukay.

Selain Kota Ambon, pemeriksaan juga dilakukan terhadap empat bapaslon Walikota-Wakil Walikota Kota Tual dan tiga bapaslon Bupati-Wakil Bupati Maluku Tenggara.

Bakal calon Walikota Ambon Agus Ririmasse kepada wartawan sebelum menjalani pemeriksaan mengatakan, ia bersama pasangannya siap menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai syarat calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon.

“Hari ini kami menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon. Kami berdua siap untuk pemeriksaan hari ini,” ujar Ririmasse yang turut diamini oleh Novan Liem.

Baca Juga: Bangun Ambon dengan Hati, Pasangan AMAN Daftar ke KPU

Sama halnya dengan Taddy Salampessy bersama pasangannya yang mengaku, setiap proses yang dilakukan oleh tim dokter RSUP dr Leimena, dilakukan secara profesional.

“Semuanya diperiksa, dan saya berterima kasih, karena saya pribadi selama ini tidak pernah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, dan ini baru pertama kalinya, dan semuanya berjalan baik dan lancar,” ucap Salampessy.

Ketua Tim Pemeriksa pada RSUP dr Leimena dr Saleh Tualeka dalam keterangan persnya menjelaskan, hari ini, tim melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan calon kepala daerah dari Kota Ambon, Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

“Kami bersama teman-teman spesialis dan di back up beberapa teman dokter umum serta juga berperan tim pendamping. Tim pendamping ini sangat berperan untuk memperlancar seluruh proses pemeriksaan pasangan calon, baik dua bapaslon dari Kota Ambon, empat bapaslon dari Malra dan Kota Tual dua bapaslon yang hari ini diperiksa,” jelas Tualeka.

Terkait prosesi pemeriksaannya lanjut Tualeka, dimulai dari pemeriksaan kesehatan jasmani, yaitu pemeriksaan fisik secara keseluruhan, dan pemeriksaan rohani, seperti pemeriksaan fisik dan psikologi, ditambah keterlibatan BNN Maluku untuk pemeriksaan terkait narkoba.

“Keseluruhan tim yang disiapkan hari ini ada 20 tim dokter. Alhamdulillah, semuanya sudah siap. Karena pemeriksaan dilakukan mulai pukul 07.00 WIT dan diperkirakan sampai sore. Semoga para calon ini dalam kondisi kesehatan bagus, agar hasil pemeriksaan kesehatan ini akan kami sampaikan ke KPU dengan kondisi yang baik,” harapnya.

Ditempat yang sama Dewan Direksi RSUP dr Leimena, dr Fahmi Maruapey berharap, proses dalam tahapan ini diharapkan berlangsung dengan baik.

“Setiap tahapan pemeriksaan yang kita lakukan, akan selalu dievaluasi untuk mengetahui mana yang perlu kita benahi. Mengingat ini proses yang baru pertama kali kita lakukan, sehingga kami tentu berharap, tahapan yang berlangsung selama tiga hari ini akan berlangsung dengan baik,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu yang selalu mengawasi setiap tahapan, dan KPU sebagai mitra, serta media yang terus mensupport proses ini dari sisi pemberitaan,” ucapnya.

Ketua KPU Kabupaten Malra Basuki Rahmat, juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak RSUP dr Leimena karena telah mempersiapkan prosesi pemeriksaan ini dengan baik, dan tiga bapaslon dari Malra bisa mengikuti rangkaian pemeriksaan dengan lancar.

“Tiga bapaslon dari Malra yang telah kami terbitkan surat pengantar pemeriksaan kesehatannya, bisa menjelani proses pemeriksaan ini. Kita ketahui bersama, bahwa tahapan ini tidak terpisahkan dari tahapan pendaftaran yang telah dilakukan diawal,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua KPU Kota Tual Muttaqin Ali Renhoran

“Dari Tual ada empat bapaslon yang telah kami terbitkan surat pengantar pemeriksaan kesehatan di RSUP dr Leimena Ambon,” ujarnya.(S-25)