AMBON, Siwalimanews – Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Provinsi Maluku, Rabu (10/7) menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Buru.

Penyerahan bantuan itu berlangsung di Ambon yang diserahkan Ketua GAMKI terpilih Samuel Patra Ritiauw, didampingi pengurus terpilih periode 2024-2027 kepada DPC GAMKI Kabupaten Buru.

Pada kesempatan itu Ritiauw berharap, semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terkena dampak banjir.

“Bantuan ini bersumber dari partisipasi mitra dan pengurus GAMKI Provinsi Maluku,” ucap Ritiauw di sela-sela penyerahan bantuan tersebut.

Seperti diketahui, akibat intensitas hujan yang tinggi, sebanyak 12 desa di tiga kecamatan pada dataran Waeapo Kabupaten Buru dilanda banjir bandang. Banjir terjadi diduga akibat luapan air dari Bendungan Waeapo yang kini masih dalam tahap pekerjaan.

Baca Juga: Besok, Pemkot Gelar Gerakan Pangan Murah

Banjir bandang itu terjadi Jumat (5/7) dimana intensitas hujan yang tinggi sekitar pukul 17.00 WIT hingga malam hari. Tak elak jebolnya Bendungan Waeapo berujung ratusan rumah terendam banjir bandang.

Warga pada 12 Desa ini yang mengungsi belum berani kembali ke rumah mereka karena masih terendam air dan lumpur. 12 Desa yang dilaporkan terendam banjir itu meliputi dua desa di kecamatan Waeapo yakni Desa Waenenat dan Wanareja, kemudian di Kecamatan Lolongquba yakni Desa Grandeng, Wanakarta, Ohilaling dan Desa Waegernangan.

Selanjutnya, di Kecamatan Waelata meliputi SP 2, Desa Debowai, Desa Persiapan Wamsait, Wailemen, Waehata, dan Waplan. Akibat banjir ini kurang lebih ratusan unit rumah warga dan sejumlah fasilitas pendidikan terendam banjir. Diketahui air memasuki rumah warga dengan ketinggian lebih dari dua meter sehingga warga yang tidak sempat mengevaluasi diri memiliki mengungsi bersama keluarga di atap rumah.(S-20)