AMBON, Siwalimanews – DPRD Maluku mengumumkan empat nama calon pimpinan dewan definitive masa bhakti 2024-2029.

Pengumuman calon pimpinan DPRD definitif untuk lima tahun kedepan ini, dilakukan dalam paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD sementara Irawadi, di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (7/10) malam.

Keempat nama yang diumumkan untuk menjadi calon pemimpin DPRD yakni Benhur George Watubun, Muhammad Fauzan Husni, Johan Johanis Lewerissa dan Abdullah Asis Sangkala.

Ketua Sementara DPRD Maluku Benhur  Watubun mengaku, pengumuman pimpinan definitif merupakan prasyarat yang harus dipenuhi sebelum ditetapkan dengan SK Mendagri.

“Sesuai mekanisme, memang harus dilakukan paripurna pengumuman dulu baru Kemendagri memproses untuk pelantikan,” ucap Watubun kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Selasa (8/10).

Baca Juga: DPRD Segera Usul Pelantikan Pimpinan Tetap

Menurutnya, setelah paripurna pengumuman definitive, maka sekretariat DPRD akan menyurati Kemendagri melalui Gubernur Maluku, untuk menerbitkan SK pengresmian pimpinan DPRD untuk dilakukan pelantikan.

“Jadi kita tunggu saja SK Mendagri kalau sudah ada, maka pelantikan akan dilakukan dan pengucapan sumpah pimpinan dewan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Ambon,” jelas Watubun.

Watubun memastikan, sambil menunggu SK Mendagri turun, DPRD melalui pansus akan menyelesaikan tata tertib dan kode etik, agar segera disahkan menjadi aturan internal dewan.(S-20)