AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon, melalui Dinas Komunikasi Informatisi dan Persandian, menggelar rapat koordinasi tim evaluator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE 2024 yang berlangsung di ruang rapat Darwin, Balai Kota, Kamis (8/8).

Humas Pemkot dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanewsi, Jumat (9/8) menjelaskan, rakor ini bertujuan untuk melaksanakan evaluasi SPBE secara internal, yang tentunya dalam penerapannya sendiri memuat 47 indikator yang sangat substansial guna menggambarkan wajah Kota Ambon.

“Dengan pembahasan ini kita dapat melihat kembali tingkat kematangan domain, kebijakan internal, tata Kelola, manajemen dan layanan yang kita lakukan dalam penyelenggaraan pemerintahan, ” tulis Humas Pemkot mengikuti arahan Asisten I Sekot Selly Kalahatu saat membuka kegiatan itu.

Pada kesmepatan itu Asisten I berharap, tim evaluator tidak menganggap kegiatan ini sebagai suatu formalitas semata. Namun, melalui evaluasi yang dilaksankan secara rutin ini, dapat bermuara pada hasil yang baik untuk kemajuan kota ini kedepannya.

“Setelah mengikuti kegiatan ini dan dalam proses nanti, tolong informasi apapun yang diterima dalam kelompok ini disampaikan kepada pimpinan OPD masing- masing, karena ada bagian yang bapak ibu bisa selesaikan, ada bagian juga yang jadi ranahnya pimpinan,” pinta Asisten I saat itu.

Baca Juga: Sukses Jalankan Program JKN, Pemkab MBD Peroleh Penghargaan

Masih dalam rilis itu, Plt Kadis Kominfosandi Ronald H Lekransy, juga membeberkan 200 domain yang dimiliki pemkot, seluruhnya telah terealisasi, tinggal empat yang masih harus diperbaharui dan tentunya masih harus dievaluasi lebih lanjut.

“Indeks SPBE kita berada di angka 2,85 dia ada di kategori level baik. Kita harus penuhi indikator mana untuk menjawab domain-domain itu. Kalau keempatnya (domain) itu dapat terpenuhi, maka progress yang lebih baik akan diterima di tahun depan,” tulis Humas Pemkot mengikuti ucapan Lekransy.

Untuk diketahui empat domain dimaksud yakni; Kebijakan Internal SPBE, Tata Kelola SPBE, Manajemen SPBE dan Layanan SPBE.(S-29)