DOBO, Siwalimanews – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kepulauan Aru berhasil menuntaskan proses pencocokan dan penelitian (coklit) Pilkada 2024 lebih cepat dari jadwal.

KPU Kabupaten Kepulauan Aru menyebut per 19 Juli 2024 kegiatan coklit di lapangan telah tuntas dilaksanakan.

Komisioner KPU Kepulauan Aru Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Robert Tildjuir kepada wartawan Selasa (23/7) di Dobo mengatakan sesuai jadwal, pelak­sanaan coklit dilangsungkan dari 24 Juni-25 Juli 2024 namun dapat diselesaikan dengan cepat tanggal 19 Juli 2024 kemarin.

Dikatakan, 280 pantarlih yang diterjunkan tersebar di 10 Keca­matan berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Coklit Pilkada 2024, dipastikan telah mencakup 100 persen Data DPT Pemilu Terakhir 71.980 dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Hasil Sinkron untuk Pilkada sebanyak 70.243 orang.

“Petugas Pantarlih sebagai perpanjangan tangan dari KPU untuk pelaksanaan Coklit Puji Tuhan Aru 100! tuntas. Dan pada kesem­patan ini saya ucapkan banyak terima kasih untuk semua masya­rakat Aru yang sudah membantu kami memberikan data,” jelas Tildjuir.

Baca Juga: Bodewin Dikabarkan Kantongi Rekomendasi Gerindra

Dia juga memberikan apresiasi kepada PPK dan PPS yang telah bekerja keras sukseskan pelak­sanaan Coklit di 10 Kecamatan.

“Untuk PPK dan PPS dan yang paling saya banggakan pantarli yang tersebar di 10 kecamatan 280 pantarli, perjuangan kalian luar biasa semoga kualitas data kita bisa menjadi bagian dari pelaksanaan pilkada yang berintegritas,” ung­kapnya.

Pada kesempatan tersebut, ia meminta kepada masyarakat agar setelah ditetapkan daftar pemilih sementara (DPS) dapat memberikan tanggapan perbaikan.

“Permintaan saya untuk seluruh masyarakat, nanti setelah kami tetapkan DPS dapat memberikan tanggapan agar ada perbaikan demi menjaga hak pilih warga negara indonesia lebih Khusus di Kepulauan Aru,” pintahnya. (S-11)