AMBON, Siwalimanews – Calon Gubernur Maluku nomor urut tugas Hendrik Lewerissa menerima sejumlah keluhan warga Kusu-Kusu, Kecamatan Nusaniwe, Senin (7/10) malam.

Keluhan warga atas sejumlah persoalan yang minim sentuhan pemerintah daerah tersebut disampaikan kepada Lewerissa saat melakukan kampanye, Senin (7/10) malam.

Sejumlah masalah yang dikeluhkan mulai dari persoalan infrastruktur jalan, ketersediaan air bersih yang minim dan sulit didapatkan.

Merespon keluhan warga dimaksud, Lewerissa mengaku prihatin dengan kondisi masyarakat khususnya di Kusu-Kusu yang selama ini belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah daerah.

Menurutnya persoalan infrastruktur jalan masih menjadi masalah serius di Maluku termasuk di kawasan Kusu-Kusu, padahal berada di wilayah ibu kota provinsi.

Baca Juga: BI: September Maluku Alami Deflasi

“Memang ini masalah infrastruktur jalan ini menjadi keluhan hampir di semua daerah. Kenapa ini terjadi karena pemimpin tidak memiliki perencanaan yang matang,” ucap Lewerissa.

Pemimpin kata Lewerissa harus memiliki perencanaan dan sensitifitas terhadap persoalan infrastruktur jalan yang dirasakan masyarakat sebab salah satu faktor penunjang peningkatan ekonomi masyarakat yakni dengan akses jalan yang baik.

Selain itu, minimnya air bersih menjadi masalah serius sebab pemerintah daerah belum mampu menyediakan bagi masyarakat.

Apalagi posisi Kusu-Kusu merupakan kawasan sumber air yang melimpah tetapi belum ada keberpihakan dari pemerintah daerah termasuk provinsi.

“Pemerintah Provinsi juga memiliki tanggungjawab untuk melihat persoalan air bersih ini. Kusu-Kusu ini kan wilayah yang memiliki begitu banyak sumber air maka mesti air bukan lagi menjadi masalah,” jelas Lewerissa.

Menurut Lewerissa jauh apapun sumber air bersih bukan menjadi masalah jika pemerintah memiliki keberpihakan bagi masyarakat.

“Sekarang ini kan semua tersedia tinggal bagaimana keberpihakan dari pemerintah itu sendiri dan pemimpin harus menyediakan kebutuhan dasar air bersih untuk masyarakat,” tegasnya.

Lewerissa memastikan jika nantinya masyarakat memberikan mandat kepada dirinya bersama Abdulah Vanath untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur maka persoalan kebutuhan dasar masyarakat termasuk air bersih akan menjadi prioritas untuk diselesaikan.(S-20)