AMBON, Siwalimanews – Badan Pengawas Pemilu RI memperkuat sinergi dengan media jelang perhelatan pemilihan kepala daerah serentak 27 November mendatang.

Konsolidasi Media Dalam Rangka Penguatan Pemberitaan pada Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak tahun 2024 dihadiri langsung Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan masyarakat Bawaslu RI Lolly Suhenty yang berlangsung di Teluk Ambon Beach and Resto, Sabtu (18/5).

Lolly menjelaskan, media memiliki peranan yang sangat strategis dalam memberikan informasi kepada masyarakat, maka Bawaslu harus terus membangun hubungan baik dengan media maupun berbagai stakeholder.

“Bawaslu selalu membuka diri untuk membangun komunikasi bersama media guna menyatukan cara pandang khususnya menyangkut pengawasan pemilihan serentak melalui publikasi atas hasil-hasil pengawasan,” ujar Lolly.

Konsolidasi bersama media yang dilakukan Bawaslu RI kata Lolly, tentunya harus ditindaklanjuti dengan kolaborasi sehingga masyarakat menjadi tercerahkan dengan setiap informasi yang disampaikan.

Baca Juga: Bawaslu: Penguatan Kelembagaan dapat Dijadikan Pedoman

Lolly mengungkapkan, Bawaslu telah mendapatkan begitu banyak masukan dan saat sidang PHPU pemilu yang berlangsung di Mahkamah Konstitusi yang menyangkut dengan optimalisasi pengawasan pemilihan serentak.

“Hal krusial yang menjadi isu disetiap pemilihan yakni adanya politik uang saat masa kampanye, masa tenang maupun hari pencoblosan yang tentunya menyebabkan Bawaslu tidak bisa bergerak melampaui kewenangannya, maka disini membutuhkan peran media,” ujar Lolly.

Bawaslu lanjut Lolly, tidak boleh diam saja terhadap informasi yang disampaikan media, bahkan media bisa melaporkan ke satu tingkat lebih tinggi jika setiap informasi tidak direspon.

“Pencegahan dalam pemilihan umum termasuk pilkada itu paling penting, jadi Bawaslu tidak boleh diam saja tapi harus ditindaklanjuti sesuai hasil kajian,” tegas Lolly.

Lolly juga berharap Bawaslu Maluku terus membangun komunikasi yang baik dengan media sehingga informasi dugaan pelanggaran pemilu dapat dideteksi sejak awal.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Maluku,  Subair menyampaikan apresiasi kepada media di Maluku yang telah berkerjasama dengan Bawaslu selama tahapan pemilu serentak lalu.

“Komunikasi dengan media selama ini begitu baik dan untuk pilkada serentak akan melakukan kerjasama dengan  media Maluku baik cetak maupun online dengan MoU,” ungkap Subair.

Subair berharap, dengan adanya kerjasama yang nantinya terjadi maka Bawaslu dan media terus bekerjasama untuk melakukan pencegahan maupun publikasi hasil pengawasan.(S-20)