AMBON, Siwalimanews – Dipastikan pada awal bulan Oktober nanti, Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku.

Kepastian kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini, disampaikan Plh Sekretaris Daerah Maluku Syuryadi Sabirin kepada Siwalimanews di ruang kerjanya, Kamis (26/9).

Dijelaskan, berdasarkan hasil koordinasi dengan kantor staf kepresidenan, maka kunjungan kerja Presiden Joko Widodo direncanakan berlangsung dua hari, yakni pada tanggal  3 hingga 4 Oktober0.

“Betul jadi pak presiden akan berkunjung dua hari ke Maluku. Presiden akan berkunjung ke dua kabupaten yakni Buru Selatan dan SBT,” ujar Syuryadi.

Di hari pertama dalam kunjungan ke Kabupaten Buru Selatan, Presiden diagendakan akan mengunjungi RSUD Buru Selatan, guna melihat langsung kondisi rumah sakit tersebut dan memberikan bantuan.

Baca Juga: Bawaslu Maluku Bentuk Tim Usut Dugaan Ketidaknetralan Kadis P3A

Presiden Jokowi juga diagendakan akan mengunjungi Pasar Namrole untuk melihat kondisi pasar, sekaligus melakukan wawancara dengan pedagang.

“Mungkin ada penyerahan bantuan disana dan sore pak Presiden kembali ke Ambon untuk bermalam, paginya bertolak ke SBT,” ucap Suryadi..

Selama berada di SBT kata Syuryadi, Presiden diagendakan akan mengunjungi RSUD Bula untuk melihat perkembangan rumah sakit itu, termasuk pelayanan BPJS dan diikuti dengan penyerahan bantuan.

Presiden juga diagendakan akan mengunjungi SMKN 1 Seram Bagian Timur yang bergerak di bidang agribisnis pertanian tanaman pangan dan holtikultura, guna melihat perkembangan SMK tersbeut sekaligus menyerahkan bantuan.

“Setelah itu pak Presiden akan sholat Jum’at di Masjid Raya Kota Bula, dan sore harinya bertolak ke Ambon kemudian menuju Jakarta,” urai Syuryadi.

Terkait dengan kesiapan, Syuryadi memastikan, Pemprov Maluku terus melakukan koordinasi dengan semua pihak, termasuk pemerintah di dua kabupaten tujuan kedatangan presiden.

“Kemarin sudah zoom meeting dengan staf kepresidenan dan hari ini jam 4 sore juga ada zoom meeting dengan dua Pjs Bursel dan SBT,” tandas Syuryadi.

Pemprov tambah Syuryadi, juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Balai Jalan terkait kondisi jalan dari Kufar menuju Bula yang akan ditempuh Presiden.(S-20)