AMBON, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku memastikan, debat kandidat gubernur dan wakil gubernur siap digelar, Sabtu (26/10) mendatang.

Ketua Divisi SDM dan Parmas Wawan Kurniawan Susanto mengungkapkan, pihaknya telah merampungkan semua hal berkaitan dengan pelaksanaan debat kandidat putaran pertama.

“Seluruh persiapan debat sudah rampung, termasuk materi yang akan diperdebatkan oleh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku,” jelas Wawan kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (23/10).

Untuk materi debat yang disusun tim perumus yang berjumlah delapan orang kata Wawan, bertolak dari isu-isu yang selama ini terjadi di Maluku..

Sedangkan tema utama pada debat kandidat putaran pertama, yakni akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju Maluku yang berdaya saing dan berbudaya berbasis kearifan lokal.

Baca Juga: JPU Susun Dakwaan Tersangka Eks Sekda SBT

“Jadi memang tema besar di debat kandidat putaran pertama ini masih soal peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wawan.

Terkait dengan tempat pelaksanaan debat, Wawan mengaku, dari beberapa tempat yang menjadi referensi, KPU Maluku telah memutuskan perhelatan debat akan berlangsung di The Natsepa Hotel, di Desa Suli, Kabupaten Maluku Tengah.

Sementara untuk peserta yang hadir, Wawan menegaskan, akan dilakukan pembatasan peserta yang masuk dalam ruang debat.

“Kita batasi tim pemenangan maupun pendukung yang masuk dalam tempat debat. Tapi diluar akan disediakan monitor yang dapat dilihat langsung pendukung yang hadir,” tandas Wawan.(S-20)