TIAKUR, Siwalimanews – Sebanyak 54 siswa baru di SMK Negeri 7 Kabupaten Maluku Barat Daya, mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS tahun ajaran 2024-2025.

Panitia Penyelenggaran MPLS 2024-2025 Sandri Ketty Tipka menjelaskan, kegiatan MPLS dilaksanakan mulai hari ini, Kamis (18/7) dan akan berakhir pada, Sabtu (20/7).

“Jumlah siswa yang mengikuti MPLS ini sebanyak 54 siswa dengan kompetensi keahlian, jurusan ATPH berjumlah 9 siswa, jurusan ATU 12 siswa, jurusan NKPI 11 siswa dan jurusan TKJ 22 siswa,” rinci Tipka disela-sela kegiatan itu di ruangan praktek NKPI, Kamis (18/7).

Ditempat yang sama, Kepala SMKN 7 MBD Frangki O Knyartutu mengatakan, SMKN 7 MBD menyelenggarakan prosedur dan mekanisme penerimaan siswa baru sesuai petunjuk teknis, sehingga sudah sampai pada pelaksanaan MPLS untuk siswa baru sebagai performa awal.

MPLS ini sebagai wahana, sehingga siswa dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, penyesuaian waktu dan karakter serta penyesuaian sosial.

Baca Juga: Angka Stunting Naik, Atapary: Pemprov Salah Penanganan

“MPLS ini dihelar agar siswa diperkenalkan terhadap seluruh mekanisme dan tahapan dalam berpendidikan selama tiga tahun,” ujarnya.

Dengan MPLS ini kata Frangky, anak-anak bisa mendapatkan sebuah pengetahuan dan pemahaman awal bahwa, apa, bagaimana, seperti apa belajar di SMK.

“Harapan mereka bisa terpenuhi standar kompetensinya sehingga kebutuhan mereka bisa terjawab pada waktunya menjadi prodak vokasi sehingga SMK bisa, dan dapat melanjutkan serta mewarisi tongkat-tongkat estafet pembangunan kemasyarakatan, dan juga bagi diri pribadi, keluarga dan masyarakat maupun negara.

Dijelaskan dalam MPLS ini, siswa diberikan wawasan tentang, pengenalan lingkungan sekolah, budi pekerti karakter. Bahkan ada juga sosialisasi tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan.

“Selain itu, tahun ini juga SMKN 7 MBD menyelenggarakan program sekolah sehat,” tandansya.(S-28)