AMBON, Siwalimanews – Mantan Bendahara PDIP Maluku yang juga merupakan kader senior pada partai tersebut Tadi Salampessy resmi mendaftar sebagai bakal calon Walikota Ambon di PDIP.

Salampessy bersama beberapa timnya tiba di Sekretariat PDI Perjuangan Kota Ambon di kawasan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, Selasa (30/4), pukul 15.00 WIT untuk mengembalikan formulir pendaftaran sekaligus resmi mendaftarkan diri.

Salampessy kepada wartawan menegaskan, dirinya siap merebut kursi Walikota Ambon dalam Pilkada yang berlangsung di bulan November mendatang.

“Hari ini, sebagai langkah untuk kita siap bertarung. Siapa yang tidak kenal saya kalau cuma di Ambon. Kelas pejabat bahkan penjahat sekakipun tahu siapa Tadi Salampessy,” ujarnya.

Dikatakan, dalam proses politik di tahun 2024 ini, satu-satunya politisi yang sudah menyatakan sikap dan telah berproses, hanya Jantje Wenno, maka itu, selaku kader murni PDI Perjuangan yang telah mengabdi bagi partai ini lebih dari 20 tahun, nyatakan diri siap bertarung.

Baca Juga: Polres Buru Dinilai Lamban Tangani Kasus Penyerobotan Lahan Tambang Ilegal

“Bukan hanya sekedar optimis. Dengan tidak mendahului kehendak Tuhan, saya yakin untuk rebut kembali posisi Walikota,”ujarnya.

Dia juga mengatakan, Ambon sebagai kota jasa, akan dijadikannya sebagai kota mutiara perikanan dunia. Ambon harus bisa bersaing dengan Singapura.

Ditanya soal calon wakil Salampessy menyebut, ada beberapa kandidat yang dilirik. Meski tidak menyebut secara langsung, namun gambaran yang disampaikannya menjurus pada Marthen Maspaitella, salah satu kader PKB yang pada Pileg 2024 kemarin, gagal menuju senayan.

“Saya sudah mendapat satu penghormatan dan penghargaan dari PKB, yang sudah siap menjadi wakil untuk saya, saya tidak bisa sebut namanya, tapi orang yang berpengaruh di kota ini, yang kemarin gagal ke DPR RI,” ucapnya.

Ditanya apakah dirinya bersedia jika nantinya keputusan DPP PDI Perjuangan, memposisikan dirinya sebagai wakil walikota, Salampessy mengaku siap.

“Jika keputusan DPP demikian, maka saya siap grak,” tandasnya.

Untuk membuktikan keseriusannnya, setelah PDI Perjuangan, Salampessy juga akan melakukan pendaftaran di Perindo Kota Ambon.

“Setelah ini saya ke Perindo,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Tim Penjaringan DPC PDI Perjuangan Kota Ambon Yanes Riruma mengatakan, berkas dari bakal calon Walikota Ambon Tadi Salampessy memenuhi syarat dan akan diproses selanjutnya ke DPD dan juga DPP.

“Setelah melakukan administrasi dan verifikasi, berkasnya telah dinyatakan memenuhi persyaratan sesuai apa yang diamanatkan DPP,” jelasnya.(S-25)