AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena memastikan tidak akan terlibat dalam politik praktis jelang pemilihan umum nanti termasuk seluruh ASN.

Seorang orang yang ditunjuk gubernur untuk menjalankan roda pemerintahan di Kota Ambon, dirinya siap mempertanggungjawab kan tugas yang diberikan.

“Saya akan tetap pada batasan serta tanggung jawab yang diem­ban. Tidak akan terkontaminasi dengan politik praktis,” tegas walikota kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Jumat (12/5)

Menurutnya pernyataan ini bukan baru pertama kali ia lontarkan kepada seluruh ASN.

“Saya dalam beberapa kesem­patan baik dalam apel bagi maupun pertemuan bersama ASN, selalu menegaskan, Pemkot Ambon akan senantiasa jaga netralitas ASN dan saya harus komit dengan apa yang saya katakan,” tegas walikota.

Baca Juga: Afifuddin Geram Tumpukan Pejabat di Pemprov Maluku

Sebagai seorang aparatur sipil negara dirinya dituntut untuk tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang sudah diberikan oleh atasanya.

“Kita bertanggung jawab untuk bekerja dalam pemerintahan, men­jaga integritas serta terus mening­katkan pelayanan publik demi kepentingan masyarakat,” janjinya.

Terkait dengan persoalan politik yang terjadi belakangan ini, ia mengaku sama sekali tidak mem­pengaruhi tugas dan fungsinya sebagai seorang penjabat walikota.

“Saya pernah mengeluarkan statemen Matahari di Maluku hanya satu. Itu semata-mata mengacu pada posisi Murad Ismail sebagai gubernur dan wakil pemerintah pusat di daerah. Karena penjabat bertanggungjawab kepada Men­dagri melalui gubernur,” terangnya.

Untuk itu hasil kerja selaku pejabat, akuinya dinilai gubernur bukan oleh partai politik atau yang lain karena tidak ada kaitan dengan parpol.

“Prinsipnya seorang birokrat adal­ah patuh, loyal dan taat kepada perin­tah atasannya,” tandasnya. (S-25)