AMBON, Siwalimanews – Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nataniel Orno mengklaim Maluku alami kemajuan di penghujung masa jabatan periode 2019-2024.

Klaim ini diungkapkan Wagub saat menyampaikan pidato dalam paripurna penyerahan Dokumen Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur tahun 2023, Kamis (4/4).

Wagub menjelaskan dalam penyelenggaraan pemerintahan salah satu mekanisme yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah adalah penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban Gubernur kepada DPRD.

“Kita patut disyukuri bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Maluku pada tahun 2023 dapat berjalan dengan baik,” ungkap Wagub.

Walaupun diperhadapkan dengan berbagai persoalan, namun menurut Wagub, Maluku telah mengalami kemajuan dari berbagai aspek sehingga patut disyukuri.

Baca Juga: Marino Terpilih Pimpin Pertina Maluku

“Maluku mengalami kemajuan yang cukup signifikan, hal ini tergambar dari capaian beberapa indikator antara lain indeks pembangunan manusia, tingkat pengangguran terbuka, upaya penurunan gas rumah kaca, laju pertumbuhan ekonomi hinggap inflasi,” jelasnya.

Wagub menegaskan berbagai capaian indikator menunjukkan, apabila seluruh komponen bekerja sama dan bersinergis maka kemajuan Maluku dapat terwujud.

Merespon pernyataan Wakil Gubernur Maluku tersebut, Ketua DPRD Provinsi Maluku Benhur George Watubun menegaskan, akan menguji kemajuan Maluku dalam LKPJ Gubernur tahun 2023.

“Apa yang disampaikan saudara Wakil Gubernur Maluku bahwa Maluku mengalami perubahan signifikan dari berbagai aspek perlu kita uji melalui kinerja pemerintah daerah dalam LKPJ,” tegas Watubun.(S-20)