AMBON, Siwalimanews – Menyambut HUT TNI ke-78, Tri Matra TNI wilayah Maluku melaksanakan tradisi ziarah ke Taman Makam Pahlawan yang bertempat di kawasan Kapahaha Tantui, Kota Ambon, Rabu (4/10).

Ziarah yang merupakan salah satu dari sejumlah rangkaian kegiatan ini dipimpin Pangdam XVI Pattimura Mayjen Syafrial, didampingi pejabat Forkopimda Maluku, para pejabat utama Kodam Pattimura, Lantamal IX Ambon, Lanud Pattimura dan Polda Maluku.

Rangkaian ziarah diawali dengan upacara penghormatan pada arwah para pahlawan, peletakan karangan bunga di monumen TMP oleh inspektur upacara, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama. Setelah upacara, dilanjutkan dengan acara tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah.

Pada kesempatan itu, Pangdam mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka memperingati HUT TNI bertemakan TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju.

“Ziarah ini dilaksanakan untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan para pahlawan bangsa, yang telah gugur membela dan mempertahankan kemerdekaan NKRI,”ujar Pangdam.

Baca Juga: Jalan Rusak di Kebun Cengkeh Mulai Diperbaiki

Jenderal TNI dengan dua bintang dipundaknya ini berharap, kegiatan tersebut, dapat menginspirasi generasi penerus, sehingga semangat persatuan dan perjuangan para pahlawan akan selalu terpatri di dada setiap warga Indonesia, khususnya masyarakat Maluku dan Maluku Utara.

“Perjuangan belum berakhir kita sebagai penerus memiliki tugas melanjutkan perjuangan para pendahulu, melalui karya terbaik demi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai“, pungkasnya.(S-10)