AMBON, Siwalimanews – Terpilih secara aklamasi, Stewart Michael Toisutta komandan Per­satuan Wartawan Indonesia Maluku Tengah.

17 orang yang memiliki hak pilih dari 21 peserta Kongres II PWI malteng, semuanya memberikan suara kepada Toisutta. Hal ini juga didukung dengan tidak majunya calon kandidat ketua yakni Kayum Eli dalam kongres yang berlang­sung, Kamis (19/10) malam.

Wartawan Harian Pagi Siwalima itu akan memimpin PWI Malteng sampai tahun 2026 mendatang.

Toisutta usai terpilih kemudian menyampaikan visi dan misi membangun PWI lima tiga tahun mendatang.

Dirinya menyebut segera mem­bangun kebersamaan antar sesama anggota, sedangkan misi yang diembannya yakni, membangun integritas serta meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan para wartawan.

Baca Juga: Genjot PAD, Dewan Desak Pemprov Optimalkan Aset Daerah

Sebelumnya, pelaksanaan kon­ferensi II PWI dibuka Asisten Kesejahteraan dan Pembangunan Sekda Maluku Tengah, Nova Ana­kotta dengan tema “Melalui Konfe­rensi II Maluku Tengah Kita Ting­katkan Profesionalisme Menjadikan Pers yang Berintegritas, Berkualitas, Beretika  Dalam Era Digitalisasi”

Penjabat Bupati Rakib Sahubawa dalam sambutannya yang dibaca­kan, Anakotta mengatakan, antara insan pers dan pemkab harus mampu mempererat kemitraan, karena tanpa hal tersebut dan hubungan yang harmonis, maka kegiatan tidak akan berjalan efektif dan maksimal.

Pasalnya, diera ini, informasi hoax semakin banyak, olehnya itu dibutuhkan dan diperlukan bantuan dan kerja sama dengan semua elemen, termasuk insan pers.

“Pers sebagai wadah informasi dan kontrol juga perlu selalu menyehatkan pers, sebab pers yang tidak sehat akan membahayakan bangsa dan negara,” ungkapnya.

Bupati mengaku, insan pers adalah mitra strategis pemerintah dan memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan pembangunan.

“Melalui insan pers, pemerintah bisa menyampaikan berbagai informasi secara lebih optimal kepada masyarakat, seperti program-program pembangunan yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan,” katanya.

Bupati berharap, senantiasa terbangun kolaborasi antara pers dan pemerintah Kabupaten Maluku Tengah agar maju dan berkembang sebagai jendela Timur Indonesia.

Dalam kesempatan itu, ia juga mendukung PWI Malteng dalam program uji kompetensi.

Sebelumnya, Ketua PWI Maluku Alex Sariwating dalam sambutannya berharap, siapapun yang nantinya terpilih sebagai ketua kiranya dapat membawa PWI semakin baik lagi kedepan.

“Saya dan rekan-rekan pengurus PWI Provinsi Maluku berharap, siapapun yang nantinya terpilih dalam konferensi ini, kiranya dapat membawa PWI Malteng, kearah yang lebih baik lagi kedepan,” harapnya.

Konferensi II PWI Malteng dihadiri oleh tim pngarah PWI Maluku yakni, Wakil Ketua Bidang Organisasi Mochtar Touwe, Wakil Ketua Bidang Siber dan Multimedia, Christian M. Rahanra serta Wakil Sekretaris II Frangky Lekeneny. (S-06)