AMBON, Siwalimanews – Penjabat walikota meminta agar sekolah-sekolah di Ambon rutin melakukan upaya untuk meningka­tan gizi remaja serta mencegah anemia, seperti yang dilakukan oleh SMP Negeri 6 Ambon lewat Aksi Bergizi, Rabu (26/10).

‘’Apa yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 6 Ambon diharapkan juga dapat dilaksanakan oleh sekolah-sekolah lainnya. “Bila perlu  rutin ini dilaku­kan,” pinta walikota dalam sambu­tannya.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan ini, untuk meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya tablet tambah darah, olahraga atau aktivitas fisik dan konsumsi gizi seimbang (aksi bergizi).

Selani itu juga meningkatkan komitmen sekolah untuk melaksa­nakan kegiatan aksi bergizi secara rutin (setiap minggu), serta mening­katkan kolaborasi lintas sektor pusat dan daerah dalam rangka penye­lenggaraan aksi bergizi di sekolah-sekolah.

Dengan ini, diharapkan output terhadap 1.028 sekolah dapat melaksanakan kegiatan ini secara serentak diseluruh Indonesia.

Baca Juga: Kadinkes:Waspadai Gejala Gagal Ginjal pada Anak

“Aksi ini juga mendapat Rekor Muri Nasional bahkan dunia, de­ngan jumlah sekolah terbanyak melaksanakan aksi bergizi secara serentak,” katanya.

Dengan ini, atas nama Pemerintah Kota Ambon, ia menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Ia juga mengaku Anemia merupa­kan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia, yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut.

Menurut data Riskesdas 2018, menunjukkan anemia pada anak usia 5 sampai 14 tahun tercatat sebesar 26,8 persen dan usia 15 sampai 24 ta­hun sebesar 32 persen. “Itu ber­arti, sekitar 3 dari 10 anak di Indonesia menderita anemia, ujarnya.(S-25)