AMBON, Siwalimanews – Safari Ramadan yang digelar Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah di tiga kecamatan guna membangun silaturahmi dengan seluruh lapisan masyarakat di bulan puasa.

“Puasa adalah salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama islam,” kata penjabat Bupati Malteng Muhamat Marasabessy saat menggelar safari Ramadan di Kecamatan Seram Utara, Seram Utara, Seram Utara Timur Kobi dan Kecamatan  Seram Utara Timur  Seti, Jumat (29/3).

Ia mengaku, dengan  berpuasa setiap umar Islam pastinya berbahagia masih diberikan kesempatan untuk dapat melaksanakan ibadah.

“Safari yang kita lakukan saat ini dibingkai dengan tema besar yang telah saya canangkan yakni gerakan sapa umat kalesang negeri berahklak dan berbudaya,” ujarnya.

Ia juga memuji sambutan masyarakat terhadap langkah pembangunan silaturahmi dengan masyarakat melalui safari itu.

Baca Juga: Miris! 7,8 M Diklaim, Hak Nakes Belum Dibayar

“Saya bersyukur di bulan suci Ramadan ini, Allah SWT masih setia menjaga dan memelihara kita, terutama saudara-saudaraku umat muslim yang ada di kecamatan ini. Meskipun kita ada dalam

suasana puasa, namun sambutan kepada saya rombongan sangat luar biasa,” ungkapnya.

Diakui pula, ibadah Ramadan yang paling penting dalam agama Islam. Ibadah ini dilakukan selama bulan Ramadan, bulan kesembilan dalam kalender Islam.

“Tujuan utama dari ibadah puasa Ramadan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menumbuhkan rasa taqwa dan meningkatkan kesadaran spiritual,” urainya.

Selain itu, ibadah puasa juga bertujuan mengajarkan rasa empati, menumbuhkan rasa kemandirian, menjaga kesehatan, meningkatkan solidaritas sosial serta meningkatkan kebersihan moral.

Dalam kegiatan itu juga ia mengajak seluruh warga Malteng, terutama di wilayah tiga kecamatan untuk menjaga dan melestarikan alam agar pada giliran warga mampu melestarikan dan mengembangkan lingkungan alam sekitar untuk bersih sehat dan indah serta bernilai ekonomis.

“Saya berharap masyarakat mampu memanfaatkan potensi alam yang ada untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan ekonomi rumah tangga. Apalagi kita tahu bersama bahwa angka kemiskinan ekstrem di kabupaten ini masih cukup tinggi,” jelasnya.

Usai memberikan sambutan, bupati juga menyerahkan bantuan bagi keluarga miskin. (S-17)