NAMROLE, Siwalimanews – Untuk mewujudkan program, Quik Wins Presisi, maka para pejabat utama di jajaran Polres Buru Selatan melakukan silahturahmi ke masyarakat serta berbagai komunitas dan paguyuban yang ada di kabupaten itu.

Salah satunya dilakukan oleh Kasat Lantas Polres Bursel Iptu Orgenes A Peilouw serta kanit Bhabinkamtibmas Ipda Julian Ferdinandus melakukan silahturahmi bersama Persekutuan Keluarga Besar Saparua (Perkasa) di Bursel, Kamis (2/3) malam di salah satu café di Desa Kamlanglale, Kecamatan Namrole.

Dalam pertemuan tersebut Iptu Peilouw mengajak, pengurus maupun anggota Perkasa untuk tertib berlalu lintas demi mencegah terjadinya kecalakaan yang bisa saja menimbulkan kerugian bagi diri sendiri.

“Jadi kami sudah lakukan sosialisasi tertib berlalu lintas dan terus kami lakukan untuk meminimalisir terjadinya lakalantas,” ucap Iptu Peilouw.

Menurut Iptu Peilouw, meskipun di Polres Bursel belum ada satuan penyelenggara administrasi SIM (Satpas), namun kelengkapan berkendaraan seperti helm, surat-surat yang berkaitan dengan registrasi kendaraan perlu di bawa saat berkendara.

Baca Juga: Kapolda: Tangkap Sipil Bersenjata di Wakal Hidup Atau Mati

“Kami Sementara mengajukan permohonan ke Polda dan Mabes Polri agar dibangun Satpas untuk bisa proses SIM. Tapi kami terus lakukan penertiban terkait registrasi dan kelengkapan kendaraan dan yang paling penting itu penggunaan helm,” paparnya.

Untuk proses STNK perpanjang maupun STNK hilang (Kode Namlea atau Ambon) kata Iptu Peilouw, bisa diproses dan akan difasilitasi oleh Polres Bursel. Begitu juga dengan balik nama, yang penting surat jual beli dan persyaratan lainnya dapat di lengkapi oleh pemilik kendaraan.

Sementara terkait kamtibmas Kanit Bhabinkamtibmas Aipda Julian Ferdinandus menjelaskan, setiap permasalahan bisa dilaporkan ke Bhabinkamtibmas yang ada di Bursel. Tapi jika tidak ada tindak lanjut, dapat langsung menelepon ke nomor pos penjagaan Polres yang sudah diberikan ke masyarakat.

“Untuk merespon cepat peristiwa hukum yang terjadi di masyarakat kita ada Bhabinkamtibmas maupun bisa menghubungi pos penjagaan Polres. Kita akan bergerak cepat,” Aipda Julian.

Ketua Perkasa Kenny Luhukay pada kesmepatan itu mengharapkan, ada perhatian serius dari Polres Bursel terkait kenakalan remaja dua komunitas di Desa Labuang yang suka bertikai, dan saling baku lempar dan ini sangat mengganggu ketertiban di desa tersebut.

“Kami minta monitoring dari pihak kepolisian untuk lokasi Labuang yang suka terjadi saling baku lempar antara anak muda disana,” pinta Luhukay.(S-16)