AMBON, Siwalimanews – Guna memperkuat keamanan di wilayah Pulau Haruku, maka Polda Maluku menambah personel di Polsek tersebut.

.Penambahan pasukan di wilayah hukum Polsek Pulau Haruku ini disampaikan Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif dalam rapat bersama DPRD provinsi merespon permintaan anggota DPRD .

“Jadi merespon kondisi di Kecamatan Pulau Haruku, maka kami telah menambah sebanyak 30 personel untuk memperkuat keamanan disana,,” ujar Kapolda.

Pasca konflik sosial antara dua negeri bertetangga Kariu dan Ori kata Kapolda, pihaknya langsung mengkroscek kekuatan anggota di Polsek Pulau Haruku, dan ternyata sangat minim dari yang diharapkan sesuai dengan SOP Polri.

“Untuk jumlah personel di Polsek Pulau Haruku ternyata hanya 20 orang, dan itu sangat jauh dari standar operasional prosedur, sehingga saya tambah 30 lagi menjadi 50,”  ungkap Kapolda.

Baca Juga: Vaksin Booster Kini Dibuka bagi Masyarakat Umum

Menurutnya, penambahan anggota di Polsek Pulau Haruku bertujuan untuk memberikan pelayanan dan pengamanan yang maksimal kepada masyarakat, walaupun penambahan personel tidak menjamin masyarakat tidak akan bertikai.

Artinya, seberapapun besar pasukan atau personel yang ditempatkan di Polsek, tetapi jika tidak ada kesadaran dari masyarakat untuk tidak lagi bertikai, maka hal ini akan sia-sia, dan tidak ada gunanya, sehingga membutuhkan kesadaran hukum dari masyarakat setempat.

Terkait dengan adanya dugaan pembiaran oleh pejabat kepolisian yang berakibat terjadinya konflik, Kapolda menegaskan, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap seluruh pejabat kepolisian yang berkaitan langsung dengan permasalahan itu. (S-20)