PIRU, Siwalimanews – Hingga memasuki hari terkahir seleksi Sekretaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat, lima dari enam calon dinyatakan lolos seleksi pemberkasan dan kelimanya tinggal menunggu hasil seleksi berikutnya yakni wawancara.

“Dari enam orang yang mendaftar, satu dinyatakan gugur, sedangkan lima orang lainnya lolos dalam penetapan seleksi berkas penilaian administrasi dan rekam jejak peserta seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama Sekda SBB,” ungkap Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Badan Kepegawai dan Pengembangan Suber Daya Manusia (BKPSDM) Muhammad Tuharea, kepada Siwalimanews di ruang kerjanya, Kamis (31/3).

Kelima orang yang lolos berkas dan berhak mengikuti tes wawancara di hari terakhir yakni, Gaspar AR Pesireron, yang saat ini menjabat sebagai Kepala BKSDM, Johanes M Soukotta Kadis Pariwisata, Leonard Kakisina Kadis Lingkungan Hidup, Leverne A Tuasuun Plt Sekda SBB, dan Paulus Charles Pical Kadis Pendapatan.

Pada tahapan tes akhir yakni wawancara, akan dilakukan oleh perwakilan BKN Makassar. Nantinya bila ditahapan ini selesai, maka hasilnya akan diserahkan ke panitia seleksi untuk merekapitulasi hasilnya untuk dipadukan dengan hasil yang disahkan oleh tim asisor.

“Hasil tersebut akan diserahkan ke Pansel utuk direkap dan akan menentukan siapa saja yang lolos nantinya dalam selekesi Sekda SBB, dan yang lolos akan diusulkan untuk segera diproses ke BKN dan Menpan,” ucapnya.

Baca Juga: DPRD Desak Polda Sweeping Senpi

Dari hasil akhir wawancara nanti, hanya tiga nama saja yang diambil sementara dua lainnya dianggap gugur. Tiga nama ini nantinya diusulkan ke Menpan dan KSN untuk menentukan siapa yang layak menjadi Sekda SBB.

“Seleksi ini kita buka secara umum, tetapi dari luar kabupaten dan kota tidak ada yang mendaftar, jadi yang masuk dalam seleksi ini hanya merupaka ASN di Lingkup Pemkab SBB saja,” jelas Tuharea. (S-48)