AMBON, Siwalimanews –  Pihak Bandara Internasional Pattimura Ambon mencatat kedatangan para pemudik Natal dan Tahun Baru yang masuk ke kota ini mencapai 12.012 orang.

Berdasarkan data hari pertama pada posko monitoring angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 sejak 18-26 Desember 2020, kedatangan penumpang terbanyak terjadi pada 22 Desember yakni sebanyak 1.649 orang.

“Walau terjadi penurunan penumpang dibanding tahun 2019 silam karena adanya pandemi Covid-19, namun terjadi peningkatan yang signifikan pada pergerakan kargo masuk dan keluar,” ucap General Manager Bandara Internasional Pattimura Ambon Pribadi Maulana kepada Siwalimanews di posko monitoring angkutan Natal bandara, Minggu (27/12).

Berdasarkan data kargo pada 18-26 Desember kata Maulana, terdapat 248.252 kg kargo yang masuk dan keluar melalui Bandara Pattimura Ambon, dengan rincian 150.285 kg kargo masuk dan 97.967 kg kargo keluar

Adanya pergerakan penumpang dan kargo ini memberikan gambaran adanya pertumbuhan ekonomi di daerah semakin baik dari waktu ke waktu, ditunjang kehidupan sosial masyarakat di Ambon yang semakin baik.

Baca Juga: Aktivitas Bandara Pattimura Berjalan Normal

Selain itu, Bandara Internasional Pattimura Ambon juga akan selalu mendukung kebijakan pemerintah terkait penanggulangan pandemi Covid-19 guna mengurangi laju pertumbuhan kasus yang terus meningkat belakangan ini.

“Kami himbau kepada calon penumpang yang telah miliki rencana perjalanan udara agar dapat memaksimalkan layanan rapid test antibodi atau tes antigen bahkan tes PCR melalui rumah sakit dan klinik untuk menghindari kepadatan proses pemeriksaan setibanya di bandara,” himbau Maulana.

Pada kesempatan itu Maulana juga menghimbau kepada para calon penumpang agar tetap disiplin melakukan protokol kesehatan dan harus tiba di bandara minimal 3 jam sebelum keberangkatan. (Cr-5)