AMBON, Siwalimanews – Satuan Brimob Polda Maluku terus melakukan upaya sterilisasi sejumlah Wilayah di Kota Ambon dengan cairan disinfektan, Minggu (27/12).

Upaya ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mencegah penularan virus Covid-19. Sejumlah lokasi yang disterilkan yakni jalan protokol, pemukiman padat penduduk, perkantoran serta fasilitas umum lainnya.

Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan mobil khusus dekontaminasi yang berkapasitas 1.000 liter, dengan melibatkan 10 personel Satbrimob Polda Maluku yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa ll dibawa pimpinan Ipda A Manullang.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur mengatakan, kegiatan ini terus dilaksanakan Polri secara berkesinambungan sebagai bentuk upaya mencegah penyebaran dan penularan virus corona, seklaigus sebagai bhakti Brimob untuk Indonesia.

“Kita tidak hanya lakukan penyemprotan, namun kami juga beri edukasi dan himbauan langsung kepada masyarakat untuk selalu patuhi protokol kesehatan,” ucap Dansat.

Baca Juga: Brimob Maluku Cegah Penyebaran Klaster Baru Covid-19

Sterilisasi Gereja

Selain itu kata Dansat menjelang perayaan Natal, Kamis (24/12)  tim Jibom Gegana Brimob Polda Maluku melakukan sterilisasi sejumlah gereja di Kota Ambon. Sterilisasi ini dilakukan bertujuan agar ibadah Natal yang dilaksanakan umat Nasrani dapat berjalan lancar.

Tim Jibom yang dipimpin Wadansubden 2 Jibom Detasemen Gegana Iptu W Matulessy melaksanakan sterilisasi dengan menggunakan alat metal detector dan mirror detector. Penyisiran mulai dari luar hingga ke dalam gereja serta menyisir setiap sudut gereja.

Penyisiran ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat pelaksanaan Natal. Adanya pengamanan ini, diharapkan mampu memberikan rasa aman terhadap umat Kristiani saat menjalankan ibadahnya.

“’Ini bentuk dari pemenuhan SOP yang harus dilaksanakan oleh kepolisian agar lokasi ini bisa digunakan untuk pelaksanaan Natal sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jemaat,’’ jelas Dansat.

Wadanden Gegana AKP Denny Sandera menambahkan, sterilisasi tersebut guna mengantisipasi adanya bom di tempat ibadah, hal itu agar umat nasrani di Kota Ambon dalam  pelaksanaan ibadah misa bisa berjalan aman, lancar dan khusyuk.

“Ada sekitar 10 gereja yang disisir tim Jibom Polda Maluku, semuanya harus benar-benar steril, agar umat Kristiani saat merayakan Natal bisa berjalan lancar dan hikmat,” ucapnya. (S-45)