AMBON, Siwalimanews – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Johan Lewerissa mendesak Pertamina untuk membangun depo BBM di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Desakan ini dismapaikan Lewerissa, lantaran sering terjadi kekosongan BBM di kabupaten tersebut, membuat terjadi kelangkaan, sehingga berdampak pada lumpuhnya aktivitas transportasi disana.

“Ketersediaan BBM di Kabupaten Maluku Barat Daya sering kali menjadi masalah akibat dari keterlambatan suplai. Berulang kali kita lakukan pengawasan di MBD dan masalah BBM ini yang menjadi keluhan masyarakat, makanya kita minta agar Pertamina segara bangun depo disana,” ujar Lewerissa kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Selasa (27/2).

Menurutnya, selama ini suplai BBM ke MBD dilakukan melalui Kabupaten Kepulauan Tanimbar, namun dengan jarak yang begitu jauh juga menyulitkan proses distribusi.

Apalagi, ketika terjadi cuaca buruk yang menyebabkan kapal sulit berlayar, maka dipastikan BBM di MBD akan terjadi kekosongan dan berdampak pada ekonomi.

Baca Juga: BPJN Siapkan 16 M Tangani Ruas Jalan Pasahari ke Bula

“Jarak dari Ambon ke MBD justru lebih dekat jika dibandingkan Tanimbar ke MBD, belum lagi kalau ombak pasti masyarakat akan sulit mendapat BBM,” tandasnya.

Politisi Gerindra Maluku ini pun berharap, adanya kebijakan dari Pertamina untuk membangun depo dengan skala sedang, sehingga penyaluran ke daerah pulau-pulau di MBD tidak terkendala.(S-20)