AMBON, Siwalimanews – Setelah molor kurang lebih 3 jam setengah dari agenda awal, Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dalam Pemilu 2024 tingkat KPU Kota Ambon, untuk Kecamatan Teluk Ambon, kembali dibuka, Selasa (5/3).

Pleno tingkat KPU Kota Ambon yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor KPU itu, dipimpin Ketua KPU Kota Ambon Muhamad Shaddek Fuad didampingi tiga komisioner KPU lainnya masing-masing, Safrudin B Layn, Yasmin Kamsurya dan Rikke M B Uruilal.

Pleno yang dihadiri perwakilan Pemkot Ambon maupun TNI dan Polri serta saksi dari parpol maupun saksi Capres dan DPD itu, juga diawasi Bawaslu Maluku Stevin Melay.

Proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara yang dimulai dari perolehan suara pasangan calon Presiden-Wakil Presiden yang dibacakan oleh PPK Teluk Ambon, paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 3.713 suara, paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh 17.473 suara, dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Machfud MD 3.297 suara.

Sementara untuk calon DPD RI suara terbanyak diraih oleh Novita Anakotta dengan 7.631 suara disusul Anna Latuconsina dengan 3.121 suara, kemudian Nono Sampono 3.029 suara, selanjutnya H.M Yasin Welson Lajaha dengan 2.192 suara serta Mirati Dewaningsih memperoleh 1.293 suara.

Baca Juga: Cabuli Anak Dibawah Umur, Kakek Bejat Ini Dituntut 7 Tahun Penjara

Sedangkan untuk DPR RI, caleg suara terbanyak diraih oleh Hendrik Lewerissa dari Partai Gerindra dengan 4.726, ditempat kedua ada caleg dari PAN Widya Pratiwi dengan 3.392 suara, disusul caleg PDIP Mercy Chriesty Barends dengan 2.298 suara, kemudian caleg PKS Saadiah Uluputty 2.065 suara, dan caleg dari Partai Demokrat Michael Wattimena dengan 1.848 suara.(S-25)