AMBON, Siwalimnews – Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas membuka sampul dalam pelaksanaan ujian sekolah bagi siswa sekolah dasar (SD) di SD Negeri 6 Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Senin (23/5).

Pelaksanaan ujian sekolah tahun ajaran 2021/2022 ini, diikuti oleh 2501 Siswa. Dari 151 SD yang melaksanakan ujian, tujuh diantaranya belum melaksanakan ujian karena belum mempunyai siswa didik pada kelas 6.

Dalam sambutan Bupati SBT Keloibas yang dibacakan Asisten II Idris Boufakar  mengatakan, ujian sekolah sangat penting untuk dilaksanakan, agar dewan guru tidak ketinggalan dalam mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam pelaksanaan ujian setiap Tahunnya.

“Implikasi berbagai upaya perubahan dan penyempurnaan seperti pelaksanaan USBN sejak tahun 2020, dikembalikan ke pihak sekolah, dengan didasarkan pada UU Sisdiknas bahwa peserta didik akan dievaluasi oleh gurunya dan kelulusan ditentukan oleh sekolah” ingat bupati.

Ia juga mengatakan salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas diperlukan adanya sistem penilaian yang dapat dipercaya (credible), dapat diterima (acceptable), dan dapat dipertanggungjawabkan (accountable).

Selain itu, bupati juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para pendidik dan tenaga kependidi­kan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga da­-pat terlaksananya Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Saya mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah berupaya agar ujian sekolah ini dapat terlaksana dengan baik,” ucapnya. (S-09)