AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, menargetkan di awal Februari mendatang, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak dapat terlaksana.

“Dalam waktu dekat ini, ya mungkin awal Februari sudah dilaksanakan, karena itu, pemilihan langsung secara serentak,” ungkap Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada wartawan, Selasa (11/1).

Untuk diketahui, pilkades serentak telah direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2021 lalu. Akan tetapi, terjadi pemunduran lantaran pandemik Covid-19 dan kesiapan Peraturan Walikota (Perwali).

Dari tujuh desa dan satu negeri yang akan melaksankan pilkades serentak, akan ada dua desa yang menjadi contoh pelaksanaan pilkades secara online.

“Ada dua desa yang akan melakukan pemilihan secara online,” katanya.

Baca Juga: Bongkar Lapak Pemkot Ambon Tuai Kritik

Dua desa tersebut salah satu diantaranya, yaitu, Desa Latta, kecamatan Baguala, Kota Ambon. Untuk desa lainnya akan dilaksanakan secara manual.

Dirinya memastikan dalam waktu dekat pilkades serentak akan terlaksana. Disinggung terkait dengan pelantikan raja pada beberapa Negeri yang belum memiliki raja defenitif, Louhenapessy mengungkapkan penetapan raja tergantung negeri.

“Kalau raja tergantung dari masing-masing negerinya. Kita tidak bisa berbuat apa-apa. Kalau raja sama sekali saya tidak mau intervensi karena itu internal adat,” tandasnya.

Untuk diketahui tujuh sedan dan satu negeri itu antara lain, Desa Latta, Desa Waiheru, Galala, Wayame, Poka, Hunuth, Nania, dan Negeri Hative Kecil. (S-52)