AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi III DPRD Maluku Anos Yermias, minta masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang disediakan pemerintah pusat.

Anos menjelaskan, dalam rapat evaluasi pelaksanaan mudik saat Natal dan Tahun Baru yang berlangsung, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah mengkonfirmasi langsung program mudik gratis.

Dirjen Perhubungan Laut kata Anos, telah memastikan bahwa, untuk Idul Fitri tahun 2024, pemerintah pusat telah menyiapkan program mudik gratis untuk seluruh provinsi termasuk Maluku.

“Saat evaluasi pelaksanaan mudik Nataru kemarin, kami telah mengkonfirmasi langsung soal mudik, dan untuk Idul Fitri dipastikan ada mudik gratis, maka kita minta masyarakat khususnya umat Muslim agar dapat memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang disediakan Kemenhub,” ujar Anos kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (20/3).

Dalam rapat evaluasi tersebut, dirinya telah menyampaikan usulan terkait beberapa titik pelabuhan di kabupaten/kota yang tidak disinggahi kapal Pelni untuk menjadi perhatian pada pelaksanaan mudik Idul Fitri tahun ini.

Baca Juga: Sembako Mahal, DPRD Bakal Panggil Disperindag

Namun, usulan tersebut belum disanggupi, karena terkendala dengan rute kapal Pelni yang tidak bisa diubah sebagai bagian satu dari perencanaan bisnis PT Pelni.

Selain kapal Pelni, Anos juga mendorong Kemenhub dapat menggandeng operator kapal swasta untuk dapat melayani mudik gratis, mengingat sebagian besar trayek di Maluku dilayani oleh swasta.

“Kami juga berharap swasta dilibatkan dalam program mudik gratis, mengingat trayek swasta intens melayani masyarakat seperti, Tulehu – Amahai, Tulehu- Saparua, Ambon – Namlea dan masih banyak rute lainnya. Intinya ada keadilan lah saat mudik tahun ini,” tandasnya.(S-20)