AMBON, Siwalimanews – Dipastikan hari ini (29/1) Calon Presiden Ganjar Pranowo akan melakukan kampanye akbar di Kota Ambon.

Sesuai dengan jadwal aca­ra, kampanye Ganjar Pranomo akan berlangsung pada pukul 15.00-17.00 WIT.

Sebelum melakukan kam­panye akbar di Lapangan Merdeka, Ganjar-Pranowo bersama rombongan tiba di Kota Ambon pukul 09.00 WIT, selanjutnya pukul 11.30-12.00 WIT rombongan sowan dengan Pimpinan Keuskupan Amboina.

Kemudian pukul 12.00-12.30 rombongan menuju Masjid Al-Fatah untuk melakukan sholat Zhuhur.

Selanjutnya itu, pukul 13.00-13.30 WIT berkunjung ke pimpinan MUI dan para ulama. Berikutnya, pukul 14.20-14.50 WIT, Ganjar bersilahturahmi dengan MPH Sinode GPM, Ketua Klasis GPM Kota Ambon, dan Pulau Ambon serta para pendeta.

Baca Juga: Si Jago Merah Ratakan Rumah Camat Bula

Pada pukul 15.00-15.05 rombongan menuju panggung kampanye di Lapangan Merdeka.

Dalam susuan acara itu juga disebutkan, pada pukul 15.38-16.08 WIT, Ganjar Pranomo akan memberikan kampanye pada pukul 16.15-17.00 WIT. Kampanye akbar Ganjar Pranowo juga dihadiri sejumlah artis Kota  Ambon.

Usai kampanye Ganjar dan rombongan akan menuju pusat penjualan ikan asar di Galala pada pukul 17.05-17.35. selanjutnya 15 menit kemudian blusukan dengan UMKM.

Kemudian pada pukul 17.50-18.10 menuju pasar tradisional transit Passo. Pukul 18.30-19.00 WIT melakukan sholat Magrib di Masjid Nania. Pukul 20.00-20.30 WIT rombongan juga akan melakukan sholat Isya di Masjid Raya Hila.

Selain itu, pada pukul 20.30-21.00 WIT Ganjar akan melakukan dialog dengan para petani pala, nelayan dan pelaku UMKM  Desa Wisata di Pelataran Benteng Amsterdaam dan selanjutnya makan malam bersama rakyat di pelataran Benteng dan pukul 22.00 WIT istirahat malam di rumah warga di Desa Hila.

Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Pasangan Nomor Urut 3, Ganjar-Mahfud, Benhur Watubun kepada wartawan di Ambon, Sabtu (29/1) memastikan, putri Presiden Indonesia pertama itu akan tiba di hari yang sama dengan rombongan Ganjar Pranowo.

“Semua agenda pak Ganjar sudah disiapkan, dan kami juga pastikan Ketua Umum PDI Perjuangan juga hadir,” katanya.

Penuhi Lapmer

Capres yang diusung PDI Perjuangan siap kampanye akbar di Ambon. Lapangan Merdeka Ambon akan menjadi pusat tumpa ruah massa pendukung dan simpatisan PDI Perjuangan dan juga partai koalisi untuk menyaksikan orasi politik Ganjar Pranowo pada Senin (29/1).

Ketua TPD pasangan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, Benhur Watubun, kepada Wartawan, di Ambon, Sabtu (29/1) menargetkan, sebanyak 15-20 ribu massa pendukung dan simpatisan PDI Perjuangan maupun partai koalisi diperkirakan akan memenuhi Lapmer.

“Diprediksi 15-20 ribu orang akan hadir dalam kampanye akbar itu sesuai kapasitas Lapangan Merdeka,” katanya.

Selain Ambon, lanjutnya, Ganjar yang datang bersama para pimpinan partai koalisi, Wakil Ketua TPN, Andika Prakasa serta artis-artis nasional pendukung Ganjar-Mafud itu juga akan berkunjung ke Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Namun hal itu akan disesuaikan dengan kondisi cuaca. Jika agenda itu batal akibat cuaca buruk, maka ada lokasi alternatif yang disiapkan.

“Kita berharap cuacanya baik. Mohon doa supaya semuanya bisa terlaksana dengan baik,” harapnya.

Dia menambahkan, capres Ganjar punya kerinduan untuk mengunjungi Banda Neira, sebagai salah satu wilayah yang dianggapnya sangat menarik perhatian dunia, tetapi dari aspek ketersediaan infrastruktur, itu belum terlalu memadai. Dengan itu, Banda menjadi komitmennya untuk dikunjungi.

“Sampai sekarang kami masih terus berkoordinasi dengan BMKG dan jasa transportasi, baik darat maupun udara. Dan kemungkinan besok baru kita ambil keputusan, sambil juga menyiapkan alternatif jika Banda tidak bisa, maka kunjungan akan diganti tetap daerah Maluku Tengah yang masih dalam Pulau Ambon,” ujarnya.

Menurutnya, konsolidasi kampanye yang dilakukan Ganjar-Mafud sangat baik dan antusiasme masyarakat sangat tinggi besar harapan dari ujung Timur, kemenangan Ganjar-Mafud akan diraih.

“Kita berharap bahwa pak Ganjar akan memenuhi harapan dan hasrat seluruh masyarakat di Maluku, secara khusus di Kota Ambon dan sekitarnya untuk kita bisa berjumpa langsung, kemudian mendengar langsung orasi politik calon Presiden kita dan memungkinkan semua harapan rakyat itu bisa terlaksana jika Tuhan berkenan beliau jadi Presiden, maka petani dan nelayan hutangnya akan dihapus. Itu salah satu visi-misinya,” katanya. (S-25)