Inggris diyakini akan menghadapi per­lawanan alot Den­mark dalam duel semifinal Euro 2020 mendatang. Kedua tim ini akan bertemu di Wembley Stadium, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.

Ini adalah pertandingan terpen­ting Inggris di Euro 2020. Mereka sudah bermain sangat baik sam­pai semifinal dan kini harus me­lanjutkan performa apik tersebut.

The Three Lions sudah mele­wati lawan-lawan alot, mengalah­kan Jerman (2-0) di babak 16 be­sar dan menghajar Ukraina (4-0) di perempat final.

Masalahnya, kini Denmark akan memberikan tantangan berbeda bagi Inggris. Pertandingan akan jauh lebih sulit dan berbahaya.

Situasi Inggris di Euro 2020 kali ini juga coba dianalisis oleh Alan Smith. Menurutnya, Inggris yang sekarang berada di posisi percaya diri untuk menang. Denmark me­mang sulit, tapi Inggris lebih dija­gokan menang.

“Ini pertandingan lain di mana semua orang menduga Inggris akan menang. Orang-orang yakin Inggris bakal menang dan saya kira memang demikian karena mereka punya tim yang lebih baik,” kata Smith di Sky Sports.

“Namun, tentunya hal itu membawa tekanan, untung ada Southgate yang sudah terbukti ahli mengatasi situasi seperti ini dengan tepat.”

“Saya yakin kata-katanya akan membantu menenangkan para pemain,” imbuhnya.

Masalahnya, Smith tahu betul Denmark bisa jadi lawan mere­potkan. Saat ini skuad Denmark di­dorong oleh motivasi ekstra. Me­reka adalah tim dengan ketang­guhan mental yang terbentuk se­iring dengan perkembangan turnamen.

“Bagi Denmark, mereka telah melewati perjalanan luar biasa dan siapa yang berani berkata mereka tidak bisa melanjutkannya?” sam­bung Smith.

“Ini adalah pertandingan berba­haya bagi Inggris. Butuh perhatian dan fokus sepenuhnya, untungnya Southgate terbukti sangat baik dalam detail pertandingan sejauh ini.”

“Saya yakin para pemain Inggris bakal disiapkan dengan baik,” tandasnya.

Denmark Pede

Sementara itu, bek Timnas Den­mark, Andreas Christensen me­nga­ku tidak gentar berhadapan dengan Inggris di semi final Euro 2020. Ia menilai bahwa Denmark mampu mengalahkan The Three Lions di kandang mereka sendiri.

Pada laga ini, Denmark sedikit kurang diuntungkan. Karena venue pertandingan ini akan digelar di Wembley yang notabene meru­pa­kan kandang dari Timnas Inggris.

Namun Christensen menegas­kan pihaknya sama sekali tidak gentar untuk menghadapi Inggris di Wembley. “Mereka mungkin akan mendapatkan dukungan yang lebih banyak [di Wembley], namun di sisi lain dukungan itu akan jadi tekanan bagi mereka,” ujar Christensen kepada Sportmsole.

Sudah Pernah Menang

Christensen menyebut bahwa Denmark memiliki memori indah saat di Wembley.

Mereka berhasil mengalahkan Ing­gris di ajang UEFA Nations Lea­gue, sehingga ia yakin bisa me­ngulangi pencapaian tersebut.

“Kami bisa menggunakan per­tandingan itu untuk meyakinkan kami bahwa menang di Wembley itu tidak mustahil,”

Kualitas Memadai

Christensen menilai kualitas skuat Denmark saat ini tidaklah kalah dari skuat Inggris.

Jadi ia menilai Denmark punya kans untuk menjegal langkah Inggris di Wembley nanti.

“Saya rasa kami memiliki kua­litas yang mumpuni untuk meng­hadapi siapapun. Sebagai tim, saya rasa kami tidak lebih buruk daripada mereka,”ujarnya.

Lawan Berat

Jika lolos, baik Denmark dan Inggris akan menemui lawan yang berat di final. Mereka akan meng­hadapi pemenang laga Spanyol vs Italia.

Sudah Lebih Matang, Inggris Pede

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate angkat bicara terkait persiapan timnya jelang partai semi final Euro 2020. Ia menilai timnya kini sudah jauh lebih matang dan ia optimistis mereka bisa melaju ke Final.

The Three Lions memastikan diri lolos ke semi final Euro 2020. Setelah mereka menggilas Ukra­ina di perempat final dengan skor 4-0.

Di semi final ini Inggris akan berhadapan dengan Denmark. Sejauh ini Inggris lebih diung­gulkan untuk lolos ke final ketimbang Denmark yang menyandang status kuda hitam.

Southgate percaya bahwa timnya sudah siap menatap partai krusial ini. “Kami sudah lebih siap menghadapi semi final ini ketim­bang sebelum-sebelumnya,” ujar Southgate kepada BBC Sports.

Sudah Punya Pengalaman

Southgate menyebut bahwa Inggris sudah memiliki pengala­man bermain di partai semi final. Jadi pengalaman itu membuat me­reka lebih matang untuk mem­persiapkan laga ini.

“Sebelum partai ini, kami sudah dua kali masuk ke babak semi final. Situasi ini sangat membantu kami,”

“Berkat bermain di dua semi final yang lalu, kami menyadari ada banyak faktor yang menentukan hasil pertandingan, sehingga itu membuat kami bisa memper­siapkan diri dengan lebih baik,”

Tidak Besar Kepala

Southgate juga menyebut timnya sama sekali tidak besar kepala karena berhasil menembus babak semi final.

Ia menyebut timnya akan fokus penuh agar mereka bisa menembus babak final.

“Kami semua cukup tenang jelang laga ini, karena kami tahu kami belum mencapai apapun. Hal ini membuat kami semakin terpacu untuk mempersiapkan partai besar seperti ini,” ujarnya.

Kali Pertama

Ini adalah kali pertama Inggris berhasil lolos ke semi final Euro 2020 sejak lama.

Terakhir kali mereka lolos ke semi final Euro 2020 terjadi di tahun 1996 di mana Inggris kalah dari Jerman melalui adu penalti karena Gareth Southgate gagal mengeksekusi penalti. (*)