AMBON, Siwalimanews – Poltekkes Kemenkes Maluku iku serta dalam  kegiatan Edu Health Fair Kemenkes Tahun 2021 yang dilaksanakan di Lippo Mall Kemang Jakarta Selatan, kegiatan yang digelar selama 2 hari mulai dari tanggal 17-18 November 2021 bertujuan untuk mengenalkan Poltekkes Kemenkes secara umum kepada masyarakat, stackholder dan dunia industri.

Pameran Kesehatan yang tampilkan oleh Poltekkes adalah hasil Inovasi Produk dari Penelitian yang dilaku­kan oleh dosen maupun mahasiswa Poltekkes Maluku dibidang kesehatan sesuai dgn bidang kearifan Loka. Rabu (17/11).

Edu Health Fair Tahun 2021 merupakan kegiatan pameran kesehatan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM (PPSDM) Kesehatan Republik Indonesia. Acara ini diselenggarakan setiap Tahun Dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Nasional.

Kegiatan EDU HEALTH FAIR TAHUN 2021, sebagai upaya untuk memperke­nalkan dan mempromosikan potensi besar yang dimiliki oleh Lembaga Pendidikan di bawah Kementerian Kesehatan RI.

Poltekkes Kemenkes Maluku merupakan salah satu institusi pendidikan vokasional di Provinsi Maluku juga ikut serta berpartisipasi dalam ajang ini.

Baca Juga: Sapulette: Kesadaran Masyarakat Tinggi

Direktur Poltekkes Kemenkes Maluku Hairudin Rasako, menyampaikan tahun ini Poltekkes Kemenkes menampilkan produk kearifan lokal karya dosen, mahasiswa berupa kue kering yg bahan lokal berupa pisang tongka langit yg dibuat dalam bentuk biskuit yang dapat dikonsumsi buat Balita sebagai makanan tambahan bagi Balita dengan kandungan gizi tepung pisang tongkat langit dalam 100 gram energinya 331,02 Kkal.

Salah satu produk inovasi unggulan Tahun 2021 yang ditampilkan Poltekkes Kemenkes Maluku pada pameran kesehatan yaitu Kue Kering dari Pisang Tongka Langit dimana jenis pisang yang menurut orang Maluku hanya tumbuh subur di Tanah Maluku (di Indonesia). Di Maluku sendiri pun, tidak semua daerah bisa ditumbuhi pisang jenis ini. Pisang Tongka Langit biasanya hanya tumbuh subur di Saparua, Seram, Ambon, Nusa Laut dan Haruku.

Disela-sela kegiatan, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono berkesempatan mengunjungi langsung Booth Poltekkes Kemenkes Maluku untuk melihat langsung Produk Lokal Poltekkes Kemenkes Maluku berupa Biskuit Yang Terbuat dari Pisang Tongkat Langit, sambil mewancarai Dosen yg menampilkan produk unggulan tersebut kepada bapak Wakil Menteri Kesehatan, Wamen berpesan dikembangkan terus produknya.

Lebih lanjut, Direktur Poltekkes Kemenkes Maluku menambahkan bahwa kegiatan Edu Health Fair Tahun 2021 menjadi agenda rutin yang diadakan tiap tahun, selain menampilkan Inovasi produk keunggulan, Tenaga Dosen yang hadir dalam menampilkan Produk Inovasi tersebut adalah M.M. Nendissa, Suardi Zurimi, Pranata Laboratorium Pelaksana Yamin Yaki’i, dan Muhamad Natsir Ely, serta Ketua Tim Koordinator Evakuasi Medis Laut Kapten Laut (K) Agus Wijaya.

Tidak lupa ucapan terimakasih kepada Lantamal IX Ambon sudah mendukung penuh Poltekkes Kemenkes Maluku untuk ikut serta pada kegiatan Edu Health Fair Tahun 2021. (S-32)