Sehubungan dengan berakhirnya pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gajah Mada Angkatan ke-4 di Kabupaten Maluku Barat Daya tepatnya di Desa Kaiwatu dan Desa Wakarleli, Kecamatan Moa Lakor, Rabu(7/2) resmi dilaksanakan pelepasan dan penarikan Mahasiswa KKN-PPM UGM yang telah terlaksana selama satu bulan lebih oleh Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Agustinus L. Kilikily, kepada Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat UGM, Irfan Dwidya Prijambada, bertempat di Aula Bappeda Maluku Barat Daya yang dihadiri oleh Para Asisten, Pimpinan OPD  beserta Kepala Desa Kaiwatu dan Kepala Desa Wakarlely.

Dalam sambutanya Wakil Bupati menyampaikan apresiasi kepada pihak UGM atas pelaksanaan KKN-PPM  di Kabupaten Maluku Barat Daya, yang mana tahun ini merupakan tahun ketiga mulai dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2023.

Wakil Bupati menyampaikan dengan kehadiran adik-adik mahasiswa di tengah masyarakat telah membantu memotivasi dan menginspirasi warga Desa Kaiwatu dan Desa Wakarleli untuk memahami tentang teknologi terapan yang telah dipraktekan, sehingga menyadarkan bahwa Maluku Barat Daya kaya akan potensi alam namun belum dikembangkan secara optimal.

“Beberapa hal menarik yang kami lihat sepanjang pelak­sanaan KKN-PPM UGM tahun ini adalah upaya pengembangan UMKM melalui sejumlah pelatihan  seperti pembuatan VCO, tempe dan berbagai pelatihan lainnya yang mendu­kung pemanfaatan sumber daya local,” ungkap Wakil Bupati.

Baca Juga: Bupati MBD Uji Petik Kesiapan Pemilu 2024

Wakil Bupati juga menambahkan dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini pasti banyak mengalami kendala dan berbagai hal yang kurang berkenan selama berada ditengah-tengah masyarakat ataupun pelayanan dari pemerintah daerah yang belum optimal, kiranya dapat dimaafkan.

Harapan dari Wakil Bupati adik-adik mahasiswa kiranya bisa menjadi duta-duta Maluku Barat Daya bagi masyarakat luar untuk memperkenalkan Maluku Barat Daya lebih luas sehingga banyak orang tertarik datang ke Maluku Barat Daya.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Unversitas Gajah Mada melalui DPKM UGM yang memfasilitasi program KKN  di Kabupaten Maluku Barat Daya. Kedepannya Kerjasama yang baik ini terus dibangun dan akan berkelanjutan”, katanya. (S-28)