AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengapreseasi pencanangan kampung tangguh nusantara (KTN) pada tiga desa di Kecamatan Teluk Ambon yakni, Desa Poka, Wayame dan Hunuth.

Menurutnya, desa atau kampong tangguh sangat penting, bukan hanya dari aspek ketahanan pangan atau aspek ekonomis saja yang menjadi perhatian, namun aspek lain juga diperhatikan salah satunya aspek kesehatan.

“Ketika ekonomi masyarakat tangguh, maka kesehatan juga baik dan sebaliknya,s elain itu juga aspek keamanan,” ujar Walikota.

Walikota juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pangdam XVI Pattimura, Kapolda Maluku dan DanLantamal IX Ambon, atas dukungan dan partisipasi dari anggota TNI dan Polri yang selalu memback up seluruh kegiatan yang dilakukan Pemkot Ambon, khususnya persiapan KTN ini.

Sementara itu, Penjabat Kades Poka, Erick Van Room dalam laporannya menjelaskan, KTN adalah program Panglima TNI dan Kapolri dalam rangka penanganan Covid-19 di bidang kesehatan, keamanan dan ekonomi yang diharapkan mampu menjawab problematika ketahanan pangan di masyarakat dengan memanfaatkan lahan pada wilayah sekitar menjadi produktif.

Baca Juga: Canangkan Poka Sebagai Kampung Tangguh, Ini Harapan Kapolda  

KTN  memberikan motivasi kepada masyarakat agar bersama  mencegah penyebaran Covid-19. Program ini, patut diapresasei sebagai langkah inovasi dan bukti keseriusan TNI dan Polri membantu pemerintah  dalam menanggulangi Covid-19.

“kegiatan ini juga sekaligus memberikan edukasi kepad masyarakat pada 3 desa ini untuk siap menghadapi era new normal saat ini,” ucapnya.

Dikatakan, petani pada 3 desa ini telah melakukan proses panen raya setiap tahun. Untuk tahun ini, panen komoditi hasil pertanian mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk itu diharapkan, kegiatan ini menjadi spirit dan motovasi untuk terus meningkatkan hasil produksi, sehingga dapat memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat.(Cr-5)