AMBON, Siwalimanews – Sejumlah jalan di Kota Ambon mengalami kerusakan, akibat intensitas hujan tinggi selama dua bulan terakhir ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Ambon, Enriqo Mattitaputy mengatakan, ada sekitar delapan atau sembilan ruas jalan di Kota Ambon yang mengalami kerusa­kan, dan saat ini sementara di­per­baiki.

“Ada sekitar delapan sampai sembilan titik ruas jalan yang da­lam proses perbaikan. Seperti di kawasan Kebun Cengkih, Waiheru dan beberapa lokasi lainnya,” jelas Matitaputy kepada wartawan di Ambon, Rabu (12/8).

Menurutnya, sejumlah ruas jalan yang alami kerusakan ini dikare­nakan, air hujan yang mengge­nangi badan jalan sehingga mem­buat jalan mudah berlubang dan rusak.

Proses perbaikan itu, katanya, juga berbarengan dengan program dari provinsi maupun Balai Jalan Wilayah Maluku.

Baca Juga: Tahun 2019, Pemkab SBB Capai PAD Rp 28,63 M

“Sekarang semua satu kali jalan. Jadi orang tidak tahu itu pekerjaan kota, provinsi atau balai. Tapi yang pasti di Ambon ada delapan hingga sembilan titik yang sementara diperbaiki,” ucapnya.

Ditanya soal jalan di kawasan Kebun Cengkih, yang baru saja se­lesai dikerjakan pada tahun ke­marin dan kembali rusak, Matita­putty menegaskan, kerusakan itu dikarenakan curah hujan yang tinggi. “Biar hari ini selesai di­kerjakan dan kemudian langsung berha­dapan dengan musim peng­hujan, pasti jalan rusak. Sebab air terus menggenang badan jalan,” paparnya

Untuk itu kedepan, kata Matita­putty, pihaknya akan membangun drainase agar ketika hujan, air dengan mudah masuk ke dalam drainase sehingga tidak ada genangan air. (Mg-5)