AMBON, Siwalimanews – Tiga bakal pasangan calon (Ba­paslon) kepala daerah yang akan me­ngikuti Pilkada serentak 9 De­sember mendatang, menjalani pe­meriksaan kesehatan di RSUD dr M. Haulussy Ambon, Senin (7/9).

Tiga bapaslon tersebut yaitu, ba­kal calon Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Fachry Husni Alkatiri-Arobi Kelian.

Selanjutnya, bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD) Benjamin Thomas Noach-Agustinus Kilikily serta pa­sangan perseorangan John Nim­brot Leunupun-Dolfina Markus.

Pantauan Siwalima, ketiga ba­paslon tersebut tiba di RSUD dr. M Haulussy sejak pukul 09.00 WIT dan menjalani beberapa rangkai­an pemeriksaan.

Pemeriksaan kesehatan dilaku­kan selama 9 jam oleh 12 dokter yang diketuai oleh dr. Deni Jolanda.

Baca Juga: Daftar di KPU, Berkas 11 Bapaslon Kepala Daerah Lengkap

Pemeriksaan kesehatan di jalani 3 bapaslon dibagi menjadi dua ta­hap.Tahap I akan dilakukan pemeriksaan, sedang­kan tahap kedua akan dila­kukan pemerik-saan darah I, ultra­sonografi (USG), foto dada, spiro­metri, elektro-kardiogram (EKG) atau pemeriksa-an jantung, tread­mil atau pemerik-saan stress test, penyakit dalam, Telingga, Hidung dan Tenggoro-kan (THT) mata, audiometri atau pemeriksaan un­tuk mengetahui tingkat fungsi dari pendengaran seorang dengan cara mendengar suara, nada, atau frekuensi tertentu, saraf, gigi dan pemeriksa-an kandungan.

Setelah menunggu berjam-jam, akhirnya bapaslon Fachry Husni Alkatiri-Arobi Kelian usai menjalani pemeriksaan tahap pertama, be­sok (hari ini-red) bapaslon ini akan menjalani pemeriksaan lanjutan.

Alkatiri kepada wartawan usai pemeriksaan tersebut mengata­kan, untuk pemeriksaan kesehatan akan dilakukan selama dua hari. Hari pertama telah dijalani  bebe­rapa jenis pemeriksaan oleh tim dokter namun hasil pemeriksaan­nya belum diketahui.

“Untuk pemeriksaan kesehatan akan dilakukan selama dua hari. Hari pertama ini ada beberapa pemeriksaan yang telah dilakukan tapi hasilnya besok (Selasa-red) baru diumumkan,” ungkap Alkatiri.

Terkait dengan jenis pemerik­saan yang dilakukan, Alkatiri mem­beberkan, jika untuk detail peme­riksaan akan disampaikan oleh pe­tugas kesehatan rumah sakit, teta­pi hari ini dilakukan tes keji­waan, tes psikologi, rapid tes, peme­riksaan gigi dan telinga, pemerik­saan narkoba. Sedangkan untuk hari esok akan dilakukan pemerik­saan dalam.

Jenis pemeriksaan yang sama juga diakui oleh dua bakal pasa­ngan calon Bupati dan Wakil Bupati MBD Benjamin Thomas Noach-Agustinus Kilikily serta Jhon Nim­brot Leunupun–Dolfina Markus.

Benjamin Thomas Noach me­nga­ku, menjalani pemeriksaan USG, psikotes, pemeriksaan gigi serta rapid tes

Noach mengharapkan, agar pilkada di Kabupaten MBD dapat berjalan dengan baik sehingga hak-hak rakyat dapat tersalur, dan siapapun pemenangnya menjadi urusan Tuhan.

“Kita inginkan pilkada berjalan dengan baik dan hak-hak rakyat bisa tersalur dengan baik. Siapapun pemenangnya itu urusan Tuhan, kita ini hanya alat saja,” tegasnya.

Hal senada juga diungkap Jhon Nimbrot Leunupun. Calon perse­orangan ini mengakui, menjalani pemeriksaan dengan baik.

“Intinya sama dengan yang sudah disam­paikan oleh pak Fachry, saya sudah menjalani pemeriksaan kesehatan misalnya, rapid tes, gigi, telinga dan seba­gainya,” ujar Jhon.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Maluku, dr Ade Tuanakotta yang dikonfirmasi Siwa­lima menjelaskan, hasil pemerik­saan yang dilakukan oleh tim dokter yang diketuai oleh dr Deni Jolanda akan diumumkan setelah dua taha­pan pemeriksaan dijalani.

“Hasilnya nanti diumumkan se­telah semua tahapan selesai dijalani,” cetusnya kepada Siwa­lima, Senin (7/9).

Terkait dengan jadwal pemeri­ksaan, Ketua KPU Maluku, Syam­sul Kubangun menegaskan, jika tidak ada jadwal bagi pasangan ca­lon untuk melakukan pemerik­saan tetapi terpulang kepada pa­sangan calon. Jika sudah di Ambon maka dapat melakukan peme­riksaan sampai dengan tanggal 11 mendatang.

“Tidak ada jadwal, tapi siapa yang sudah di Ambon ya langsung periksa di RSUD Haulussy,” ujar Kubangun.

Sementara itu, berdasarkan infor­masi yang dihimpun Siwa­lima, bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulissa-Gerson Selsily serta bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten MBD, Nikolas Kilikily dan Desianus Orno akan menjalani pemeriksaan hari ini (Selasa-red). (Cr-2)