AMBON, Siwalimanews – Penghubung Komisi Yudisial Wilayah Maluku, melakukan audiensi dengan Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, Rabu (25/1).

Kedatangan rombongan KY yang dipimpin Koordinator Penghubung Amirudin Latuconsina itu diterima Kapolda Maluku didampingi Irwasda, Direskrimum, Direskrimsus dan Kabid Humas Polda Maluku. Sementara turut mendmapingi Koordinator Penghubung yakni, Asisten Sosialisasi dan Advokasi, asisten Pemantauan dan Pengawasan Persidangan, serta asisten Penerimaan Laporan Masyarakat.

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja kapolda itu, Latuconsina menjelaskan, selama ini KY selalu bersinergi dengan Polri dalam memproses kasus-kasus hukum yang terjadi.

“Kami mau koordinasi dengan pak kapolda, bahwa kami akan melaksanakan kegiatan FGD  dan membahas tentang sistem pengamanan di pengadilan,” ujarnya.

Ia berharap dengan rencana dilaksanakan kegiatan FGD, kiranya Polda Maluku dapat melibatkan personelnya khusus untuk mengikuti sosialisasi pengamanan dan sistem pelaporan di KYl.

Baca Juga: Lewerissa Dorong Pemda Perbanyak Program Pemberdayaan

Kapolda pada kesmepatan itu mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut, sehingga pihaknya akan kembali berkoordinasi.

“Saya mendengar arahan Bapak Presiden yakni yang paling utama adalah menjaga stabilitas keamanan di daerah masing-masing,” ujar kapolda.

Menurut kapolda, melihat sinergitas antara Polda Maluku dan berbagai instansi terkait di daerah ini telah terjalin dengan baik, sebab dengan kerja sama dan sinergitas yang baik, situasi kamtibmas di wilayah Maluku dapat diatasi.

Dengan selalu adanya pertemuan formal seperti ini, kapolda berharap, dapat mempererat hubungan kerja sama antara Polri dan instansi terkait.

“Saya menyarankan agar KY sama-sama melakukan evaluasi dengan Polri dalam penanganan kamtibmas di Maluku,” pinta kapolda.(S-10)