AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengaku, pengelolaan keuangan daerah Kota Ambon masih buruk.

“Selama ini pengelolaan keuangan daerah di Pemkot Ambon masih buruk ini menurut opini dari BPK,” jelas walikota dalam apel bersama di Pattimura Park, Senin (15/1)

Untuk itu walikota minta, seluruh Organisasi Perangkat Daerah semestinya melakukan pengelolaan keuangan dengan bak dan maksimal, demi kemajuan kota ini.

“Saya ingatkan kepada OPD-OPD untuk melakukan pengelolaan keuangan daerah dengan baik demi dan untuk kemajuan kota ini,” pinta

Pasalnya kata walikota, jika pengelolaan keuangan dilakukan dengan benar, maka sudah tentu dalam membuat laporan pertanggungjawaban juga tidak menemukan kendala.

Baca Juga: Tingkatkan Iman dan Taqwa Personel, Polres MBG Gelar Binrohtal

Olehs ebab itu, kedepan nanti tidak ada ASN yang melakukan studi banding terkait pengelolaan keuangan daerah di luar Maluku, sebab  faktanya, kabupaten/kota lain di Maluku juga ada yang memperoleh predikat baik tentang pengelolaan keuangan daerah.

“Kedepan nanti tidak ada lagi perjalanan dinas studi banding di daerah yang jauh-jauh. Kalau ada studi banding tentang pengelolaan keuangan daerah, saya nanti sarankan pergi ke Kabupaten Aru saja karena pengelolaan keuangan daerah mereka sudah baik,” tandas walikota.

Tak hanya itu, walikota juga mengingatkan setiap OPD untuk menyerahkan laporan pertanggungjawaban tahun anggaran 2023 lalu, karena sudah memasuki pertengahan bulan Januari di tahun 2024, sehingga sudah semestinya laporan pertanggungjawaban keuangan diserahkan.

“Ini sudah tanggal 15, saya ingatkan sekali lagi untuk OPD-OPD segera menyerahkan laporan pertanggungjawaban tahun 2023,” tegas walikota.

Jika dalam pengelolaan keuangan daerah terdapat temuan atau opini dari BPK yang tidak wajar lanjut walikota, maka sudah barang tentu dirinya mempersilahkan kejaksaan untuk turun tangan.

“Lakukan semuanya dengan benar supaya tidak ada masalah. Sebab jika ada temuan dari BPK terkait dengan pengelolaan keuangan yang agak melenceng, maka kejaksaan akan masuk.  Saya tidak mau takut-takuti, tetapi saya ingatkan lakukan dengan benar, maka semuanya akan berjalan baik demi kemajuan kota ini kedepan,” ucap walikota.(S-29)