PIRU, Siwalimnews – Akibat talud penahan ombak jebol, membuat belasan rumah warga di Dusun Uhe, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB terendam banjir yang diakibatkan pasangnya air laut.

“Saat terjadi air pasang, airnya meluap hingga masuk ke pemukiman warga mencapai setengah meter. Kejadian ini buat warga alami kesulitan mengantisipasinya. Kita harus tunggu kurang lebih 2 jam air surut kembali, baru bisa aktivitas,” ungkap Kepala Dusun Uhe Said Kaisupy, kepada Siwalimanews melalui pesan WhatsApp, Rabu (2/2).

Menurutnya, untuk mengantisipasi meluapnya air laut ke pemukiman warga, satu-satunya jalan yakni dengan memperbaiki talud tersebut.

“Untuk antisipasinya kami butuh perbaikan talud dan lakukan penimbunan pada daerah dataran rendah, agar diwaktu air laut pasang sudah tidak masuk di pemukiman warga,” ucapnya.

Ditanya apakah saat ini warga ada yang mengungsi, Kaisupy mengaku, belum ada warga yang mengungsi, mereka memilih untuk tetap di rumah hingga air laut surut kembali.

Baca Juga: Brimob Kerahkan Ransus Dekontaminasi

Ia berharap, pemerintah desa dan pemda punya itikad baik untuk melihat hal ini dan segera membangun kembali talud tersebut sehingga tidak terjadi bencana seperti ini. (S-48)