BULA, Siwalimanews – Polres Seram Bagian Timur sukses mengamankan pawai obor malam takbiran di kelilingi Kota Bula untuk menyambut Idul Fitri 1 syawal 1444 H.

Tidak hanya di Kota Bula, pawai obor dan takbir juga dilakukan di Kota Ambon dan beberapa kota sekitarnya pada Jumat (21/4), juga berlangsung aman terkendali.

Pantaun Siwalima di Kota Bula sebelum pawai dilakukan, masyarakat telah berkumpul di depan Masjid Jami dan pawai baru berlangsung pukul 21.00 WIT.

Sejumlah ruas jalan menjadi lokasi pawai mulai dari perempatan Lumba-Lumba kemudian terus ke Pertigaan Ruma Tiga, Pertigaan Kelapa Dua, Perempatan Sinar bula, Pertigaan kantor Bupati, Pertigaan pegadaian.

Orang dewasa, remaja hingga anak-anak turut ambil bagian dalam pawai obor tersebut. Selain berjalan kaki, warga juga melakukan pawai menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Sopi Bakal Jadi Produk Legal

Kasubsi Penmas Humas Polres SBT Bripka Suwardi Sobo kepada Siwalima menjelaskan pawai ini dipantau oleh Bupati Timur Mukti keliobas, Kapolres, Danki Brimob, Danki Kabaressi 731 Bula serta Danramil.

“Sekitar pukul 23.00 WIT mereka sudah membubarkan diri pulang ke rumah masing-masing. Situasi kamtibmas termonitor aman terkendali,” terangnya.

Sementara di Geser, pawai obor dan takbir titik kumpul di Mesjid Raudatul Jannah.

Pawai dilepaskan oleh Wakil Bupati Idris Rumalutur dan Raja Negeri Geser Suilani Kelian, yang didampingi oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Walikota Juga Pantau

Ditempat berbeda, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena juga ikut memantau jalannya  konvoi malam takbiran di Ambon.

Hadir juga Kapolresta Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Raja Arthur Simamora, Dandim 1504 Ambon, Letkol Arh Tengku Sony Sonata, komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan IX Ambon Mayor Mar Rowin Z Simarmata.

Sebelum turun jalan, walikota bersama forkopimda Kota Ambon mengikuti teleconference di Balai Kota untuk melaporkan situasi dan kondisi Ambon, kepada Gubernur, Kapolda, Pangdam XVI Pattimura dan forkopimda Maluku.

Pantauan Siwalima, sekitat pukul 21:00 WIT, walikota dan rombongan menggunakan motor meninggalkan Balai Kota menuju ke Rijali Batu, Merah hingga JMP.

Di pos penjagaan JMP, walikota dan rombongan berhenti bersama petugas memantau situasi hingga pukul 00:00 WIT.

Rombongan Walikota Ambon bersama rombongan mulai bubar dengan kondisi aman dan kondusif.

AMGPM dan Jemaat Silo

Sementara itu Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku dan serta jemaat gereja Silo ikut ambil andil dalam memeriahkan malam takbiran di Kota Ambon sebagai wujud toleransi.

Aldo salah satu pemuda Silo yang dikonfirmasi mengatakan apa yang dilakukan sebagai wujud toleransi kepada saudara mereka yang merayakan Idul Fitri.

“Ini salah satu bentuk partisipasi katong (kita) untuk mendukung malam takbiran basudara muslim di Kota Ambon, dan sebagai bukti juga kalau solidaritas dan toleransi umat beragama di Kota Ambon  sangat solid dan tidak gampang terpecah,” ungkapnya. (Mg-1/S-25/S-10)