AMBON, Siwalimanews – Setelah mendaftar di PDI Perjuangan, bakal calon Gubernur Maluku Barnabas Nataniel Orno, kembali merapat ke Partai Hanura dan PKB.

Rabu (1/5) kemarin, Orno melalui timnya Hanafi Rumbouw mendatangi Sekretariat DPD Hanura Maluku dan PKB untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon gubernur.

Di Hanura, usai mengambil formulir, Rumbouw kepada wartawan menyampaikan permohonan maaf dari mantan wakil gubernur itu, karena tidak bisa mengambil langsung formulir dimaksud.

“Kami sampaikan permohonan maaf dari pa Abas yang tidak sempat hadir karena ada hal penting yang tidak bisa ditinggal. Karena itu beliau mengutus saya dan rekan untuk datang ke Hanura,” ujarnya.

Menurutnya, Hanura menjadi salah satu partai besar yang memiliki tiga kursi di DPRD Maluku hasil Pileg 2024, Selain itu, kader-kader Hanura tahu betul bagaimana rekam jejak Orno selaku mantan Wakil Gubernur Maluku, yang tentu baik dan teruji di level birokrasi maupun politik.

Baca Juga: Rumasilan Optimis Rekomendasi Demokrat ke Kader

Maka itu, sangat tepat jika Hanura memberikan dukungan penuh ke Orno untuk bertarung dalam Pilgub nanti.

“Kami harapkan dukungan politik Hanura ke pak Abas untuk hadapi Pilkada serentak nanti. Kami yakin Hanura partai besar dan punya rekam jejak setiap paslon dan pak Abas, tidak kalah penting di Hanura yang punya rekam jejak panjang di birokrasi maupun sebagai politisi,” cetusnya.

Terkait partai lainnya, Rumbouw mengaku, selain PDI Perjuangan, timnya juga merepat ke Hanura dan PKB dan tidak menutup kemungkinan, ada beberapa partai lagi yang akan disambangi jika prosesnya masih terbuka.

“Ini adalah bentuk keseriusan pak Abas untuk ikut bertarung dalam Pilkada tahun ini,” ujarnya.

Diketahui, selain Barnabas Orno yang baru mengambil formulir pendaftaran, dua kandidat lainnya telah mengembalikan formulir pendaftaran di Hanura, yakni Febry Calvin Tetelepta sebagai bacalon gubernur dan Abdullah Vanath sebagai bacalon wagub. Keduanya mendaftar secara berpasangan di Hanura.(S-25)