DOBO, Siwalimanews – Sebanyak 15 penumpang KM. Gadja ditemukan selamat setelah kapal tersebut mati mesin dan terombang-ambing diperairan Fatujuring, Kecamatan Aru Selatan Utara, Kabupaten Kepulauan Aru.

15 penumpang tersebut akhirnya berhasil di evakuasi tim SAR gabu­ngan ke Dobo, Sabtu (22/4) setelah sebelumnya belasan penumpang tersebut dari Desa Lor-lor.

Kepala Koordinator Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, Reinhard Lo­pies kepada Siwalima, Sabtu (22/4) di Dobo mengatakan, kelima belas penumpang tersebut dari Desa Lor-lor Kecamatan Aru Selatan tujuan Kota Dobo, namun dalam perjalanan mengalami mati mesin sehingga terombang ambing di laut sekitar perairan Fatujuring.

Dikatakan, setelah mendapat informasi pada pukul 08.00 WIT, Tim Rescue Unit siaga Kepulauan Aru menggunakan RIB milik Basarnas menuju lokasi pencarian di sekitar Fatujuring pada koordinat 5°58’123 S 134°08’253 E.

Setelah menempuh perjalanan Dobo dan lokasi tersebut, tim rescue gabungan tiba di lokasi pen­carian pada koordinat 6°0.290’S 134°7. 299’E dan menemukan se­luruh pe­numpang dalam keadaan selamat kemudian dievakuasi menuju pela­buhan Dobo,” jelas Lopies.

Baca Juga: Takbir Keliling Berlangsung Aman

Dia menambahkan, dalam pro­ses evakuasi tersebut terlibat per­sonil pendukung yakni, Tim Rescue Unit Siaga Kepulauan Aru 4 per­sonil, Polair Polres Aru 1 per­sonil dan Polair Polda Maluku 2 personil.

“Tim Rescue Gabungan beserta seluruh korban tiba di Pelabuhan Dobo dengan demikian maka Ops SAR dinyatakan selesai dan diusulkan ditutup dan kepada unsur SAR yang terlibat diucapkan terima kasih,” ungkapnya. (S-11)