AMBON, Siwalimanews – Hasil penelitian di Jerman menyimpulkan, teknologi ventilasi udara yang baik jadi salah satu syarat utama mencegah penyebaran virus Covid-19, disamping menggunakan masker dan membatasi jumlah pengunjung ketika menghadapi acara dalam ruangan.

Peneliti Jerman melakukan penelitian ini terhadap 1.500 relawan yang diminta untuk menggunakan masker, hand sanitizer, dan pelacak jarak ketika menghadiri konser musik dalam ruangan di Leipzig, Jerman, bulan Agustus lalu.

Para peneliti mensimulasikan tiga skenario dengan berbagai jumlah penonton dan standar jaga jarak, dan membuat model komputer arena untuk menganalisis aliran aerosol (virus corona yang menyebar lewat udara) dari penonton yang terinfeksi.

“Temuan terpenting bagi kami adalah betapa pentingnya memiliki teknologi ventilasi yang baik. Ini adalah kunci untuk menurunkan risiko infeksi, “kata Stefan Moritz, pemimpin studi RESTART-19 di University Medical School, mengutip Reuters, Jumat (30/10).

Studi ini juga menemukan bahwa mengurangi jumlah penonton, memiliki banyak pintu masuk arena, dan mengatur jarak tempat duduk penonton dapat berdampak besar penurunan risiko tertular Covid-19.

Baca Juga: Awal November Vaksin Corona Sudah Tersedia

Mereka juga menemukan pelaksanaan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan jaga jarak harus tetap dilakukan selama pandemi ini.

“Acara yang mengumpulkan orang berpotensi memicu epidemi dengan menyebarkan patogen, tetapi jika konsep kebersihan diterapkan, risikonya sangat rendah,” kata Rafael Mikolajczyk, dari Institut Epidemiologi Medis Universitas Halle. (S-39)