AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sairdekut, meminta pemerintah daerah lebih tanggap dengan bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini, yang diakibatkan kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Kita tahu belakang ini memang bencana terjadi hampir di seluruh wilayah Maluku, karena itu kita minta pemda untuk lebih tanggap dengan kondisi yang ada,” tandas Sairdekut kepada Siwalimanews, Sabtu (26/2).

Menurutnya, pemda baik Provinsi Maluku maupun kabupaten/kota harus tanggap sedini mungkin, agar ketika terjadi bencana alam, baik banjir, tanah longsor atau kecelakaan laut lainnya, dapat segera ditangani.

Salah satunya dengan menyiapkan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak, agar saat terjadi bencana bantuan-bantuan dimaksud dapat didistribusikan kepada para korban, sehingga tidak terkesan masyarakat diterlantarkan.

“Selain itu, BPBD juga harus segera lakukan pendataan, baik korban jiwa maupun harta benda, agar dengan data yang valid tersebut, pemda dapat melakukan langkah-langkah guna memberikan kenyamanan bagi para korban bencana,” usulnya.

Baca Juga: Pemda Buru Gelar Forum Konsultasi Publik

Politikus Gerindra ini juga berharap, masyarakat dimanapun berada untuk tetap waspada dengan setiap perubahan cuaca dan tetap menaati peringatan yang disampaikan BMKG agar terhindar dari bencana. (S-20)